Mesir dan Lebanon Curi Start Umumkan 1 Ramadan Jatuh pada 13 April

Baca Juga

MATA INDONESIA, INTERNASIONAL – Otoritas keagamaan Mesir dan Lebanon sudah menyatakan, bahwa 1 Ramadan 1442 Hijriah akan jatuh bertepatan pada Selasa 13 April 2021.

“13 April akan menjadi hari pertama Ramadan,” kata Dar al-Ifta dari Mesir, lembaga yang mengeluarkan fatwa agama, seperti dikutip dari AFP, Senin 12 April 2021.

Sementara di Lebanon, pengumuman bulan suci Ramadan disampaikan ulama Muslim Sunni Agung Mufti Sheikh Abdellatif Deryan.

Untuk Arab Saudi, sementara ini belum ada pengumuman resmi kapan awal Ramadan. Pemantauan bulan sabit yang digunakan untuk menentukan awal bulan suci, belum terlihat pada Minggu 11 April, dan obeservasi akan dilanjutkan hari ini.

Di Indonesia, pemerintah melalui Kementerian Agama akan menggelar Sidang Isbat penentuan awal Ramadan 1442 H pada Senin 12 April hari ini, dengan melibatkan sejumlah organisasi keislaman dan pihak-pihak terkait.

Sebelum Sidang Isbat dimulai, akan dilakukan pemantauan atau rukuyatul hilal di 86 titik, yang tersebar di 34 provinsi.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Survei Elektabilitas Bakal Calon Walkot Jogja yang Bertarung di Pilkada 2024, Sosok Ini Mendominasi

Mata Indonesia, Yogyakarta - Menjelang Pilkada 2024 di DIY, sejumlah lembaga survei sudah bergeliat menunjukkan elektabilitas para bakal calon Wali Kota dan juga Bupati. Termasuk lembaga riset Muda Bicara ID yang ikut menunjukkan hasil surveinya. Lembaga yang diinisiasi oleh kelompok muda ini mengungkap preferensi masyarakat Kota Jogja dalam pemilihan Wali Kota Jogja 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini