Merauke Berpotensi Besar Jadi Lumbung Pangan Nasional di Papua

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Kabupaten Merauke, Papua diprediksi menjadi lumbung pangan nasional karena mampu produksi beras lebih banyak dari kebutuhan masyarakat setempat.

Menurut Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar Merauke kini memiliki jutaan lahan potensial yang bisa dikembangkan untuk pertanian.

Tahun ini, Merauke bisa menghasilkan 141.764 ton beras dari lahan seluas 63.785 hektare, padahal kebutuhan masyarakatnya hanya berkisar sekitar 25 ribu ton.

“Kelebihan produksi ini bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan daerah lain, terutama di wilayah-wilayah yang menggunakan beras sebagai makanan pokok utama,” kata Halim yang dikutip Rabu 15 Desember 2021.

Bupati Merauke Romanus Mbaraka mengatakan pemanfaatan dana desa sangat membantu percepatan pembangunan desa di wilayahnya.

Hanya saja memang selama ini dana desa yang ada masih digunakan untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini