Masyarakat Harus Berperan pada Penerapan PPKM Darurat

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Pengetatan yang baru dimulai (PPKM Darurat) saat ini belum diterapkan dengan optimal sehingga membutuhkan peran serta rakyat dan membutuhkan manajemen atasi pandemi yang langsung di tangan Presiden Jokowi, terutama mengatasi komunikasi perubahan perilaku masyarakat.

Epidemiolog Pandu Riono mengingatkan sekarang belum ada obat yang bisa dimanfaatkan untuk menekan penularan Virus SARS-Cov-2 kecuali fokus pada pencegahan.

“Fokus pada pencegahan dengan 5M (memakai masker, menjaga jarak, menyuci tangan, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas), tes-lacak-isolasi dan vaksinasi,” ujar Pandu seperti pesan yang diterima Mata Indonesia News, Senin 5 Juli 2021.

Hal yang tidak boleh dilupakan lagi adalah membangun komunikasi yang baik untuk mengubah perilaku masyarakat untuk berdisiplin menegakkan 5M tersebut.

Pandu juga mengingatkan Presiden Jokowi soal lonjakan kasus Covid19 yang melesat tinggi dan belum jelas benar kapan mencapai puncaknya.

Upaya menekan kasus sangat terlambat dan kini krisis layanan kesehatan tidak mudah diatasi. Apalagi angka kematian juga meningkat.

Pandu menegaskan untuk mengatasi pandemi tersebut membutuhkan manajemen yang fokus dan dipimpin langsung presiden.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini