Mantap, Indonesia Tetap Kembangkan Jet Tempur IFX dan Beli Rafale

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Terjawab sudah ambisi Pemerintah Jokowi melalui Menteri Pertahanan Prabowo Subianto tidak menggantikan proyek jet tempur KFX/IFX (Indonesia Fighter Experiment) dengan Rafale meskipun generasinya sama yaitu 4,5.

Bocoran kepastian itu diungkapkan Defense Acquisition Program Administration (DAPA) sebuah lembaga pemerintah Korea Selatan (Korsel) yang mengurusi pengadaan alutsista dan pengembangan industri pertahanan.

“Rencana pembelian jet Indonesia terpisah dari proyek KF-X. Proyek ini juga penting bagi Indonesia, dan negosiasi sedang dilakukan untuk menemukan jalan tengah,” kata seorang pejabat DAPA yang dikutip Yonhap, Jumat 9 April 2021.

Dalam pertemuan empat mata di Seoul minggu ini, Menteri Pertahanan Korea Selatan, Suh Wook dan Indonesia, Prabowo Subianto sepakat bahwa proyek itu “melambangkan rasa saling percaya.”

Saat ini, mereka belum menemukan cara untuk menyelesaikan masalah pembayaran dari Indonesia yang sempat tertunda.
Namun mereka tidak menemukan cara khusus tentang cara menyelesaikan masalah pembayaran.

Melalui akun instagramnya, Jumat 9 April 2021 ini, Prabowo mengunggah fotonya bersama Bersama Presiden Korea Selatan Moon Jae-in dan Menteri Pertahanan Korea Selatan Y.M Suh Wook pada peluncuran jet tempur KF-X/ IF-X.

Pesawat yang okeh Prabowo itu diberinama KF-21 Boramae itu dikabarkan setara dengan F-15 EX buatan Boeing. Sebelumnya, Indonesia juga memasukkan pesawat itu sebagai alutsista yang dibeli untuk memenuhi minimum essential force.

Jika proyek IFX tetap berjalan kemungkinan besar pembuatannya juga akan dilakukan di Indonesia sebagaimana pembuatan Rafale yang dipesan dari Dassault Aviation tersebut.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini