Manfaat Tol Trans Sumatera Bagi Perekonomian Nasional Indonesia

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) menjadi salah satu penopang ekonomi di Sumatera, khususnya untuk industri. Salah satu manfaatnya yaitu, menguntungkan industri logistik dengan memperlancar jalur logistik antar wilayah.

Sehingga, proses pendistribusian barang menjadi lebih cepat dan memangkas biaya angkutan yang dikeluarkan.

Direktur Utama Hutama Karya, Budi Harto mengatakan, setelah hadirnya JTTS di Sumatera, telah tercipta pusat ekonomi baru. Salah satunya yaitu melalui proporsi prioritas UMKM lokal yang ada di Rest Area.

“Saat ini kami memprioritaskan minimal 30 persen space lahan untuk UMKM lokal di masing-masing rest area yang dikelola dengan harga sewa yang lebih rendah dari harga komersil, sehingga masyarakat sekitar dapat tetap mengembangkan usahanya,” kata Budi, Sabtu 9 April 2022.

“Selain itu, banyak wisata-wisata baru yang hadir setelah adanya JTTS, salah satunya yakni Tubaba Islamic Centre & Pasar Sarijadi dengan melibatkan desainer interior ternama Andra Matin,” katanya.

Banyak industri bisa dikembangkan di Sumatera, mulai dari industri pengolahan hasil hutan, perkebunan, industri tekstil, hingga industri elektronik dan otomotif.

Dia mencontohkan, di Provinsi Lampung terdapat salah satu produsen nanas dalam kaleng terbesar di dunia. Nanas olahan yang diproduksi oleh Great Giant Pineapple tersebut, memiliki luas lahan produksi mencapai 33.000 hektar.

Perusahaan memproduksi nanas dalam kaleng sebanyak 200.000 ton per tahun, terdiri dari jus serta konsentrat nanas. Sejauh ini, Great Giant Pineapple pun telah memasarkan ke lebih dari 60 negara tujuan ekspor di Eropa, Amerika, Timur Tengah, Afrika, dan Asia Pasifik.

Tak hanya nanas, Sumatera juga dikenal sebagai penghasil pisang berkualitas merek Sunpride oleh PT Sewu Segar Nusantara yang memiliki luas lahan 3.500 hektar. Lokasi perkebunannya tak jauh dari Bandar Lampung, tepatnya di perbatasan Taman Nasional Way Kambas, Kecamatan Labuhan Batu, Lampung Timur.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

BEM Nusantara DIY Gelar Aksi Peringatan Hari Buruh Internasional

Mata Indonesia, Yogyakarta - BEM Nusantara DIY melakukan aksi peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day di Titik Nol Yogyakarta pada Rabu, 1 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini