Lima Jalur Masuk Perguruan Tinggi Selain UTBK dan SBMPTN 

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Ujian Tulis berbasis komputer alias UTBK tahun 2022 gelombang pertama telah dibuka dan sudah berjalan sejak 17 Mei 2022 hingga 23 Mei 2022 mendatang. Pelaksanaan UTBK menjadi syarat utama bagi siswa lulusan SMA/SMK/MA serta Paket C untuk masuk ke perguruan tinggi negeri jalur SBMPTN. Namun ada beberapa jalur masuk PTN selain UTBK dan SBMPTN.

Berikut 5 jalur masuk Perguruan Tinggi Negeri tahun 2022 :

1. SNMPTN
Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) merupakan salah satu jalur paling terkenal untuk masuk PTN. Seleksi ini dikenal dengan seleksi melalui jalur undangan. Penilaian SNMPTN berdasarkan prestasi yang diraih, portfolio, nilai akademik dan akreditasi pelajar yang mengikuti seleksi.

2. SBMPTN
Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri jalur masuk perguruan tinggi menggunakan nilai skor UTBK dan portfolio. Untuk itu, para peserta yang hendak mengikuti SBMPTN harus mengikuti UTBK terlebih dahulu.

3. Seleksi Mandiri
Seleksi mandiri merupakan jalur masuk perguruan tinggi yang dilaksanakan tersendiri oleh setiap PTN. Persyaratan ujian mandiri berbeda tergantung kebijakan setiap PTN yang mengadakan seleksi mandiri. Informasi mengenai syarat dan kebijakan dapat diperoleh melalui website setiap PTN.

4. SNMPN
Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN) adalah jalur seleksi melalui undangan pada calon mahasiswa yang hendak melanjutkan pendidikan di bidang vokasi dan politeknik se indonesia.

5. Ujian Masuk Perguruan Tinggi Kedinasan
Bagi pelajar yang minat masuk perguruan tinggi kedinasan maka lembaga perguruan tinggi memberi fasilitas melalui Tes Masuk sekolah kedinasan yang terdiri dari Tes Kemampuan dasar (TKD), test kemampuan Akademik (TKA), kemampuan bidang, psikotes, wawancara dan test kesehatan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Perjuangkan Kesejahteraan Buruh dan Petani, Dani Eko Wiyono Siap Maju Calon Bupati Sleman Melalui Jalur Independen

Mata Indonesia, Sleman - Alumni aktivis 98 sekaligus aktivis yang selalu menyuarakan aspirasi buruh/pekerja Daerah Istimewa Yogyakarta, Dani Eko Wiyono ST. MT ini bertekad maju bakal calon bupati Sleman dalam Pilkada Sleman nanti. Dani menilai, hingga saat ini, mayoritas kehidupan buruh masih sangat jauh dari kata sejahtera. Buruh masih dianggap hanya sebagai tulang punggung ekonomi bangsa tanpa diperjuangkan nasib hidupnya.
- Advertisement -

Baca berita yang ini