Latihan di Inggris, Pemain Garuda Select Tetap Belajar Hadapi Ujian Nasional

Baca Juga

MATA INDONESIA, LOUGHBOROUGH – Meski mengikuti program latihan di Inggris, pemain-pemain Garuda Select yang duduk di kelas 3 SMA tetap belajar menghadapi Ujian Nasional.

Pemain-pemain seperti Fernando Pamungkas, Rafly Asrul, Edgard Amping, hingga Daniel Naa, akan melewati salah satu fase penting dalam hidup mereka yakni Ujian Nasional level menengah atas.

Ujian tahun ini tentu berbeda bagi mereka. Tantangan jelas harus dihadapi mengingat saat ini mereka berada jauh dari rumah. Penyesuaian pun dilakukan agar tetap bisa belajar dengan fokus. Dengan semua persiapan, mereka berharap bisa melewati ujian dengan baik tahun ini.

“Bagi saya, tantangannya sangat berat karena sudah beberapa bulan saya tidak masuk sekolah walaupun disini masih tetap belajar secara rutin dengan bimbingan guru. Tantangannya saya harus bisa menyerap dengan baik semua pelajaran yang diberikan oleh guru kami. Saya tidak ada masalah dengan pembagian waktu antara latihan dan belajar,” kata Fernando Pamungkas.

“Di sini, kami semua belajar setiap selesai latihan sore. Menurut saya, tidak terlalu ada yang menyulitkan karena belajar itu biasanya memang di luar waktu latihan. Bagaimanapun, kami tetap butuh belajar dan sekolah agar tidak ketinggalan pelajaran,” timpal Rafli.

Bagi Edgard, Rafli, dan Fernando, pengalaman membagi waktu antara belajar dan latihan sudah mereka rasakan sejak tahun lalu. Namun, bagi Daniel Naa, ini adalah pengalaman baru dalam hidupnya.

“Kesulitannya di sini hanya terasa pada perbedaan jam dan waktu. Di sini malam dan di Indonesia masih siang. Perasaannya aneh saja karena harus ujian malam-malam di sini. Selain itu, tidak ada tantangan yang terlalu berat,” kata Daniel.

Selain harus menjalani program latihan intensif sebagai bekal menjadi pemain sepakbola, pendidikan tetap menjadi prioritas para pemain. Meski demikian, para pemain tetap menjalaninya dengan keseriusan dan perhatian yang penuh selama berada di Inggris.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Perjuangkan Kesejahteraan Buruh dan Petani, Dani Eko Wiyono Siap Maju Calon Bupati Sleman Melalui Jalur Independen

Mata Indonesia, Sleman - Alumni aktivis 98 sekaligus aktivis yang selalu menyuarakan aspirasi buruh/pekerja Daerah Istimewa Yogyakarta, Dani Eko Wiyono ST. MT ini bertekad maju bakal calon bupati Sleman dalam Pilkada Sleman nanti. Dani menilai, hingga saat ini, mayoritas kehidupan buruh masih sangat jauh dari kata sejahtera. Buruh masih dianggap hanya sebagai tulang punggung ekonomi bangsa tanpa diperjuangkan nasib hidupnya.
- Advertisement -

Baca berita yang ini