Langka di Pasaran, BPN Sebut Distribusi Minyak Goreng Curah Masih Lamban

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Badan Pangan Nasional (BPN) terus berkoordinasi dengan Kementerian Perindustrian agar distribusi minyak goreng dipercepat. Pasalnya, keberadaan minyak goreng curah dengan harga Rp 14 ribu per liter, masih cukup langka di pasaran.

“Karena barangnya (minyak goreng curah) ada. Registrasi produsen juga sudah. Tinggal didorong secepatnya masuk ke pasar dan harganya itu Rp14 ribu per liter,” kata Kepala Badan Pangan Nasional, Arief Prasetyo Adi di Pasar Cibinong, Kabupaten Bogor, Selasa 12 April 2022.

Menurutnya, apabila sadar dengan distribusi yang masih lamban, maka pemberian Bantuan Langsung Tunai (BLT) minyak goreng dicarikan secepatnya dengan cara diberikan sekaligus di muka.

Sejatinya penyaluran BLT minyak goreng sebesar Rp100 ribu per bulan selama tiga bulan dimulai April ini. Namun, kebijakan yang terakhir diambil yakni langsung diberikan sekaligus tiga bulan atau Rp300 ribu dalam satu waktu.

“Ini untuk membantu masyarakat sebanyak 20,6 juta orang plus 2,5 juta Pedagang Kaki Lima (PKL). Karena disadari minyak goreng curah barangnya belum cepat masuk,” kata Arief.

Selain percepatan distribusi minyak goreng, Arief juga mendorong percepatan pasokan daging jelang Idul Fitri. Selain untuk mencukupi kebutuhan, sekaligus menstabilkan harga, agar tidak melonjak drastis.

“Di Pasar Cibinong ini harga daging sapi Rp130-140 ribu per kilogram. Yang harus dikerjakan cepat yaitu masuknya daging kerbau untuk memberi pilihan ke masyarakat karena harganya bisa di bawah Rp100 ribu,” kata dia.

Selain itu, alternatif lainnya yakni meningkatkan mobilisasi sapi hidup dari beberapa sentra ternak di Indonesia dengan harapan, stok daging aman dan harga dapat dikendalikan dengan baik.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini