Kualitas Air Sungai di Kota Yogya Masih Buruk

Baca Juga

MATA INDONESIA, YOGYAKARTA – Indeks Kualitas Air (IKA) sungai di Kota Yogya belum menunjukkan angka yang baik, sebab masih tercatat di angka 38,44 dengan skala 0-100.

Subkoordinator Pengawasan Lingkungan Hidup Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Jogja, Intan Dewani menjelaskan, penghitungan IKA sungai dilakukan dengan pengambilan sampel.

Pengujian itu dilakukan setiap sebulan sekali. Dalam uji sampel terakhir, IKA sungai di Kota Yogyaa berada pada angka 38,44 itu.

Intan menerangkan, penghitungan dilakukan dengan mengambil sampel di empat aliran sungai yang mengalir di Kota Pelajar tersebut.

“Tiap sungai diambil lima lokasi titik sampel,” ujar Intan, Sabtu 18 Juni 2022.

Karena IKA sungai belum menunjukkan angka baik, anggota Forum Pemantau Independen (Forpi) Kota Yogya, Fakhruddin AM, mengharapkan kajian khusus soal air sungai.

Apalagi, Kota Yogya dialiri empat sungai yaitu Sungai Code, Winongo, Gajah Wong, dan Manunggal.

Dengan penataan dan anggaran yang optimal keempat aliran sungai tersebut bisa menjadi tempat wisata air.

Fahrudin mengharapkan ada sosok pemimpin yang memahami isu lingkungan di Kota Yogya sehingga kelestarian lingkungan, dapat jadi salah satu visinya.

Reporter: Muhamad Fauzul Abraar

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini