Korea Utara Sukses Uji Senjata Baru untuk Tingkatkan Kemampuan Nuklir

Baca Juga

MATA INDONESIA, PYONGYANG – Korea Utara mengatakan telah berhasil menguji senjata baru, yang dikatakan akan secara signifikan meningkatkan kemampuan nuklir taktisnya.

Berdasarkan beberapa foto yang beredar, pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un tampak tersenyum dan tepuk tangan saat menyaksikan peluncuran rudal baru.

Para ahli percaya ini adalah tanda bahwa Korea Utara berencana untuk menguji senjata nuklir taktis. Sebelumnya, Korea Utara menghentikan uji coba nuklir pada 2017.

Tahun berikutnya, mereka meledakkan terowongan di situs uji coba nuklir Punggye-ri, dalam sebuah langkah yang dianggap sebagai bagian dari pemulihan hubungan diplomatik dengan Korea Selatan dan AS.

Tetapi, citra satelit baru-baru ini menunjukkan pekerjaan sedang dilakukan untuk memulihkan terowongan tersebut.

“Senjata dengan pemandu taktis tipe baru sangat penting dalam meningkatkan daya tembak unit artileri jarak jauh garis depan secara drastis dan meningkatkan efisiensi dalam pengoperasian nuklir taktis,” tulis kantor berita Korea Utara, KCNA.

“Kim telah memberikan instruksi penting untuk lebih lanjut membangun kemampuan pertahanan dan kekuatan tempur nuklir negara itu.”

Militer Korea Selatan mengonfirmasi bahwa dua rudal, kemungkinan jarak pendek, diluncurkan dari Utara ke laut pada Sabtu 16 April 2022 malam waktu setempat. Amerika Serikat dikabarkan terus memonitor situasi tersebut.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Harga Daging Sapi di Bantul mulai Turun, Ini yang jadi Penyebabnya

Mata Indonesia, Bantul - Setelah Lebaran, harga daging sapi di Bantul mulai mengalami penurunan secara perlahan. Nur Wijaya, Lurah Pasar Niten, membenarkan hal tersebut dengan mengatakan bahwa pada 15-16 April 2024, harga daging sapi sudah stabil.
- Advertisement -

Baca berita yang ini