Ketika Selebriti Dunia Mengutuk Invasi Rusia

Baca Juga

MATA INDONESIA, KIEV – Tak ada pembenaran untuk sebuah peperangan. Dan wajar rasanya bila penduduk dunia mengecam invasi Rusia terhadap Ukraina yang dimulai sejak Kamis (24/2).

Masyarakat dari seluruh dunia pun beraksi terhadap krisis yang tengah terjadi di wilayah Eropa timur, setelah Presiden Rusia, Vladimir Putin mengumumkan invasi skala penuh ke negara bekas bagian dari Uni Soviet tersebut.

Pada Kamis pagi waktu Moskow, Presiden Putin mengumumkan invasi militer khusus di timur Ukraina. Beberapa saat setelah pengumuman, ledakan demi ledakan melanda kota-kota di seluruh Ukraina, termasuk pinggiran Kharkiv, Kramatorsk, dan ibukota Kiev.

Negara-negara termasuk Amerika Serikat (AS) dan Inggris seketika mengumumkan sanksi terhadap Rusia. Konflik yang terus meningkat dan menimbulkan korban jiwa pun memicu gelombang reaksi dari selebriti papan atas dunia, mereka kompak mengutuk serangan Rusia.

Model kenamaan Gigi Hadid dan Kendall Jenner, penyanyi Cardi B dan lainnya telah menggunakan media sosial mereka untuk mengecam invasi Rusia.

“Hati saya terluka untuk Ukraina dan semua yang terpengaruh oleh kenyataan yang tak terbayangkan ini. Tindakan Putin merupakan ancaman bagi setiap negara Demokrat di dunia dan harus dihentikan,” tulis Gigi Hadid di Instagram-nya, melansir Extra TV.

Bintang The Keeping Up With the Kardashians, Kendall Jenner juga menyuarakan keprihatinannya melalui IG Story dan menulis, “doa untuk Ukraina.”

“Apa yang sebagian besar dari kita pelajari sebagai anak-anak di taman bermain: Anda tidak akan berdiam diri saat anak besar memukuli anak kecil. Anda mungkin menerima satu atau dua pukulan untuk membuat anak besar itu berhenti, tapi itu hal yang benar untuk dilakukan,” tulis Stephen King dalam unggahan yang dibagikan secara luas di Twitter.

Cardi B juga membagikan ulang tweetnya dari awal minggu yang berbunyi, “Semoga para pemimpin dunia ini (akan) berhenti tersandung kekuasaan dan benar-benar memikirkan siapa yang benar-benar terpengaruh (warga negara) selain seluruh dunia dalam krisis. Perang, sanksi , invasi harus menjadi hal terakhir yang harus dikhawatirkan oleh para pemimpin ini.”

“Ini adalah tindakan perang oleh preman pengganggu-anak yang tidak berpikir seluruh dunia memiliki nyali atau keinginan untuk menghentikannya … Memalukan,” tulis presenter kondang, Piers Morgan dalam akun Twitter-nya.

Sementara itu, penyanyi Annie Lennox menggunakan akun Instagram-nya dan menulis, “’Harga’ macam apa yang harus dibayar orang biasa untuk kegilaan mimpi buruk dan kebrutalan dari ‘invasi’ dan ‘perang’? Atau ini hanya tipuan yang rumit? Taktik menakut-nakuti? Ancaman?”

Penyanyi nominasi Grammy Regina Spektor juga mengutuk tindakan Putin dan mengisahkan bagaimana sebuah kengerian perang  dalam sebuah posting Instagram. “Di Ukraina hanya jutaan warga sipil yang ditarik ke dalam perang, dan di Rusia ada anak-anak yang dikirim untuk berperang dan mati tanpa alasan.”

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Survei Elektabilitas Bakal Calon Walkot Jogja yang Bertarung di Pilkada 2024, Sosok Ini Mendominasi

Mata Indonesia, Yogyakarta - Menjelang Pilkada 2024 di DIY, sejumlah lembaga survei sudah bergeliat menunjukkan elektabilitas para bakal calon Wali Kota dan juga Bupati. Termasuk lembaga riset Muda Bicara ID yang ikut menunjukkan hasil surveinya. Lembaga yang diinisiasi oleh kelompok muda ini mengungkap preferensi masyarakat Kota Jogja dalam pemilihan Wali Kota Jogja 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini