Kemenkumham Apresiasi Lapas Wiro Cetak Warga Binaan yang Kreatif

Baca Juga

MATA INDONESIA, YOGYA-Inspektur Jenderal Kemenkumham RI Razilu mendatangi lapas kelas IIA Yogyakarta. Kedatangan dirinya untuk melihat secara langsung kegiatan para warga binaan di Lapas yang berjuluk Wiro ini.

“Sejak tahun 2021 kami punya program unggulan penguatan mitra strategis mengunjungi seluruh Indonesia, dan tahun 2022 kita tingkatkan programnya menjadi menyapa, mengajarkan, dan menyadarkan pada seluruh satuan kerja di seluruh Indonesia,” katanya.

Kemenkumhan sendiri berkeinginan dari kegiatan ini bisa mencetak insan-insan pengayoman yang jauh lebih baik lagi dari sebelumnya, serta memiliki kesadaran yang tinggi menjadi bagian dari Kementerian Hukum dan HAM.

“Kami juga mengajak seluruh jajaran untuk berkomitmen memberikan pelayanan yang terbaik,” katanya.

Menurutnya, harus ada pendekatan lain dalam upaya meningkatkan kompetensi dalam segala hal, bukan hanya kompetensi intelektual, tapi kompetensi emosional, dan kompetensi spiritual.

“Sehingga kami dengan seluruh jajaran dapat bekerja cerdas, bekerja keras, ikhlas, dan tuntas dalam seluruh arahan dari pimpinan,” katanya.

Dirinya meelihat di Lapas Wiro ini sudah berjalan kegiatan untuk melakukan pembenahan diri terhadap warga binaan dengan meningkatkan kreativitasnya.

“Ini luar biasa dimana, seluruh anggota disini bisa mendidik mereka para warga binaan untuk berkreasi, yakni membuat bakpia.

Tak hanya itu, dirinya mengapresiasi, dimana pihak lapas juga melaksanakan wisuda penghafal Qur’an dari santri warga binaan di lapas ini.

Masing-masing lapas punya kreativitas sendiri dalam pembinaan keagamaan. Kalau disini sudah ada ratusan lulusan dari program ini. Ini pantas untuk menjadi percontohan dari lapas-lapas yang lain untuk melakukan hal yang serupa.

“Untuk kedepannya saya sarankan kepada Kepala Lapas bisa juga melihat seperti apa yang dilakukan ditempat yang lain untuk dikembangkan jauh lebih baik lagi,” katanya.

Reporter: Muhammad Fauzul Abraar

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Peningkatan Infrastruktur di Bali Bukti Komitmen Indonesia Siap Selenggarakan WWF 2024

World Water Forum Ke-10 di Bali pada 18-24 Mei 2024 diharapkan akan menghasilkan berbagai solusi masalah air termasuk sanitasi...
- Advertisement -

Baca berita yang ini