Kemendikbud Ristek Meluncurkan Museum Virtual di Gresik

Baca Juga

MATA INDONESIA, GRESIK – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) bersama Yayasan Gang Sebelah Gresik meluncurkan Museum Virtual Masmundari.

Masmundari adalah maestro damar kurung warisan budaya Gresik. Damar Kurung adalah sebuah lampion kayu berbentuk segi empat dengan sudut menyerupai segi tiga di bagian atasnya dan keempat sisinya berhiaskan lukisan Damar Kurung.

Lukisan Damar Kurung sendiri dipopulerkan oleh mendiang Masmundari. Sang Maestro yang berhasil menuangkan ilustrasi sisi-sisi kehidupan masyarakat Gresik dalam sebuah lukisan dua dimensi.

Menurut cerita, Damar Kurung digunakan sebagai mainan anak-anak ketika memasuki bulan puasa Ramadlan. Lampion khas Gresik tersebut juga digunakan sebagai ornamen penerangan teras rumah dll.

Saat ini Damar Kurung dibuat dalam bentuk kreasi sehingga ada yang dapat dilipat dan ada pula yang keempat sisinya menggunakan material acrylic sehingga nyala lampunya semakin terang.

Direktur Museum Masmundari, Hidayatun Nikmah, juga mengatakan pembuatan museum itu sebagai wujud terima kasih kepada sang maestro damar kurung atas etos kerjanya melestarikan budaya Gresik.

“Siapapun harus beradaptasi dengan kemajuan teknologi. Seniman juga harus siap beradaptasi. Ini (Museum Masmundari) adalah hasil karya yang sangat luar biasa, museum digital,” kata Gus Yani, apaan akrab Bupati Gresik itu saat peluncuran Museum Masmundari, di Gedung Putri Mijil Pendopo Kabupaten Gresik yang dikutip Minggu 28 November 2021.

Sementara itu, Pembina Yayasan Gang Sebelah, Dewi Musdalifah, memandang kurangnya peran perempuan merupakan salah satu penyebab “kerentanan semesta kesenian” Gresik.

Karenanya, Yayasan Gang Sebelah menginisiasi pendirian museum yang dinamakan sesuai dengan nama seniman perempuan ternama asal Gresik, Masmundari. Masmundari adalah maestro damar kurung asal Gresik.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pemerintah Gencarkan Pembangunan di Papua Sebagai Amanat Undang-Undang

Pemerintah Indonesia telah mengintensifkan upaya pembangunan di Papua sebagai bagian dari amanat Undang-Undang Otonomi Khusus Papua yang telah diperbarui...
- Advertisement -

Baca berita yang ini