MATA INDONESIA, JAKARTA – Fitur dan layanan PeduliLindungi ditingkatkan sehingga mampu mempercepat respons pengaduan masyarakat soal vaksinasi dengan layanan chatbot WhatsApp.
Dengan demikian, masyarakat yang akan mengadu tidak perlu lagi melalui email atau call center 119.
Untuk mengakses layanan chatbot itu, masyarakat bisa menghubungi WhatsApp Kemkes RI pada nomor 081110500567.
Untuk keamanan data, masyarakat akan diminta untuk memasukkan nomor telepon yang terdaftar pada aplikasi PeduliLindungi dan kode OTP terlebih dahulu.
Selanjutnya, menu Download Sertifikat, Status Vaksinasi, dan Ubah Info Diri akan tampil dan dapat dipilih oleh masyarakat sesuai kebutuhan.
“Kemkes RI menghadirkan layanan chatbot PeduliLindungi untuk mengatasi permasalahan yang berkaitan dengan sertifikat, status vaksinasi, dan perbaikan info diri,” kata Sekjen Kemenkes Kunta Wibawa Dasa Nugraha, di Jakarta, Rabu 10 November 2021.
Jumlah rata-rata pengaduan melalui email maupun call center setiap minggunya lebih dari 134 ribu melalui email dan 80 ribu telepon call center.