Kebakaran Hebat di California Turut Menghanguskan Situs Bersejarah

Baca Juga

MATA INDONESIA, CALIFORNIA – Kebakaran hutan melanda sebuah kota kecil di pegunungan California Utara, Amerika Serikat (AS), meratakan sebagian besar pusat kota bersejarah dan menghanguskan banyak rumah.

Salah satu kebakaran hebat terjadi di wilayah Greenville Sierra, Nevada. Api turut melahap pom bensin, gereja, museum, hotel, bar, dan bahkan turut melumat kota pertambangan emas bersejarah di kawasan tersebut. Kebakaran hutan dan lahan, disebut dengan Dixie Fire, sudah berlangsung 3 pekan sebelum api menjangkau Greenville.

“Api membakar seluruh pusat kota kami. Bangunan bersejarah kami, rumah keluarga, usaha kecil, dan sekolah anak-anak kami benar-benar hilang,” tulis seorang Pengawas Wilayah Plumas, Kevin Goss, di akun Facebook-nya, melansir Associated Press, Jumat, 6 Agustus 2021.

Sheriff Plumas County, Tom Johns – salah satu penduduk yang sudah puluhan tahun tinggal di Greenville, mengatakan bahwa lebih dari 100 rumah hancur, toko-toko, serta bisnis pun tak tersisa.

“Hati saya hancur oleh apa yang terjadi di sana,” kata Tom Johns.

“Kami kehilangan Greenville malam ini. Tidak ada kata-kata (yang dapat menggambarkan kejadian ini)” kata Rep. A.S. Doug LaMalfa, yang mewakili daerah tersebut dalam video Facebook yang emosional.

Saat api mulai berkobar pada Rabu (4/8), Kantor Sheriff Kabupaten Plumas mengeluarkan peringatan mendesak secara online kepada sekitar 800 penduduk kota: “Anda berada dalam bahaya dan Anda HARUS pergi sekarang!”

Peringatan serupa dikeluarkan pada Kamis (5/8) ketika api mendorong ke arah tenggara – ke arah komunitas gunung kecil lainnya, Taylorsville, sekitar 16 kilometer tenggara Greenville.

Di barat laut, para kru melindungi rumah-rumah di Kota Chester. Penduduk di sana termasuk di antara ribuan di bawah perintah evakuasi atau peringatan di beberapa kabupaten. Sejauh ini, belum laporan mengenai korban tewas atau luka.

Kebakaran yang terjadi pada 14 Juli adalah kebakaran terbesar di California dan telah menghitam lebih dari 504 mil persegi (1.305 kilometer persegi), area yang lebih besar dari Los Angeles.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Semua Pihak Perlu Bersinergi Wujudkan Pilkada Damai

Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) merupakan momen penting dalam kehidupan demokrasi di Indonesia. Pilkada tidak hanya sekadar agenda politik,...
- Advertisement -

Baca berita yang ini