Kasus Kekerasan Seksual pada Siswa Marak, Polda DIY Bentuk Satgas Khusus Awasi Sekolah

Baca Juga

MATA INDONESIA, YOGYAKARTA – Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) membentuk Satgas khusus antikekerasan seksual pada anak di sekolah mengingat tingginya kasus kekerasan seksual di lingkungan tersebut.

Hal itu diungkapkan Ketua Satuan Tugas Perlindungan Perempuan dan Anak (Satgas PPA) Bantul, Muhammad Zainul Zein, Sabtu 16 Juli 2022.

“Kami merancang program Satgas PPA Goes to School yang tugasnya mendatangi beberapa sekolah, hari ini ke MTs N 9 Bantul. Beberapa hari lalu di SMP 04 Pandak. Dalam rangka mengedukasi anak agar menyadari hak dan jenis kekerasan. Termasuk apa yang bisa dilakukan bila ada potensi jenis-jenis kekerasan,” ujar Zainul.

Selain itu, Satgas juga memberikan edukasi ke Sekolah Luar Biasa (SLB), sebab masih ditemukan kasus kekerasan seksual terhadap anak berkebutuhan khusus (ABK).

Untuk SLB, Satgas PPA Polda DIY akan lebih rutin melakukan koordinasi bahkan mengajukan diri melakukan penandatangan nota kesepahaman atau MoU.

Sebelumnya, kasus pedofilia yang dilakukan pelaku berinisial FAS (27) dibongkar Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda DIY, Rabu 13 Juli 2022.

Hal itu bermula dari laporan Bhabinkamtibmas di wilayah Sedayu Bantul yang menemukan penyebaran foto dan video asusila anak di bawah umur dalam sebuah grup media sosial.

Di grup itu, pelaku saling membagikan nomor kontak anak-anak tersebut untuk dimanfaatkan anggota grup lainnya.

Nantinya pelaku dibebaskan menghubungi korban dengan mengaku sebagai teman sebayanya di satu sekolah.

Hingga kini Polda DIY telah menetapkan delapan orang tersangka yang telah ditahan karena kasus pedofilia.

Mereka terancam pidana penjara paling singkat enam bulan dan paling lama 12 tahun.

Selain itu harus membayar denda paling sedikit Rp 250 juta dan paling banyak Rp 6 miliar.

Reporter: Muhamad Fauzul Abraar

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini