Kantin Berpotensi Besar Jadi Klaster Penularan Covid-19 di Sekolah

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Kantin dinilai memiliki potensi penyebaran covid-19 yang lebih banyak di lingkungan sekolah.

Hal itu diungkapkan Anggota Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Retno Listyarti di Jakarta, Selasa 2 Agustus 2022.

Paling besar potensi penyebarannya adalah pada saat jam istirahat makan siang ketika para siswa membeli makanan dan minuman.

“Memang punya potensi pada wilayah kantin, di kantin ada kerumunan, tidak jaga jarak, tidak pakai masker ketika makan,” kata Retno.

Menurutnya, program vaksinasi juga menjadi landasan setiap orangtua percaya diri melepas anaknya untuk sekolah tatap muka.

Namun, Retno menegaskan orangtua harus tetap membawakan anak bekal makanan dari rumah masing-masing.

Meskipun orangtua, murid dan guru lebih memilih untuk belajar tatap muka di sekolah, maka Retno mengingatkan agar adanya kesadaran diri baik dari orangtua, murid maupun guru.

Kesadaran yang dimaksud berupa pencegahan anak agar bisa menghindari kerumunan yang ada di sekolah.

Sebelumnya, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor 7 Tahun 2022 mengenai Diskresi Pelaksanaan Keputusan Bersama 4 (Empat) Menteri Tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Corona Virus Disease-19 (Covid-19).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini