Jaga Panen Cabai dan Bawang Badan Pangan Nasional Bangun Pendingin

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Untuk menjaga hasil bumi di suatu daerah agar tetap segar Badan Pangan Nasional (NFA) menjalankan program penggunaan teknologi penyimpangan pangan di daerah-daerah.

Teknologi pendinginan itu digunakan untuk menjaga hasil bumi di suatu daerah agar tetap segar, khususnya cabai dan bawang.

“Salah satunya penggunaan cold room yang diatur sedemikian rupa. Sehingga bisa memperpanjang umur simpan dari produk-produk ini,” ujar Kepala NFA, Arief di Jakarta, Selasa 20 September 2022.

Menurutnya, penggunaan teknologi ini menjadi penting karena Indonesia merupakan negara kepulauan sehingga pengiriman pangan dalam bentuk fresh menjadi tantangan tersendiri.

Adapun jenis teknologi penyimpanan yang digunakan beragam mulai dari river container hingga yang berbentuk cold room.

Menurutnya sudah ada sejumlah daerah yang telah mencoba, seperti sentra produksi bawang di Brebes dan sentra produksi Cabai di Temanggung, Jawa Tengah.

Arief meminta agar jajarannya menggunakan teknologi penyimpanan berbasis solar panel. Sehingga dapat memangkas kebutuhan daya listrik jika menggunakan teknologi penyimpanan dengan basis daya listrik.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Jogja Student’s Solidarity for Palestine: Stop the Genocide!

Mata Indonesia, Yogyakarta - Jogja Student's for Justice in Palestine merupakan komunitas yang lahir dari berbagai perguruan tinggi di Jogja atas dasar kepedulian terhadap perjuangan bangsa Palestina, 12/5/2023.
- Advertisement -

Baca berita yang ini