Jadi Penopang IKN Nusantara, Sulbar dan Citilink Jajaki Kerjasama

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Sulawesi Barat saat ini sedang menjajaki peluang kerjasama dengan maskapai penerbangan, Citilink untuk membuka rute penerbangan ke Bandar Udara Tampa Padang di Mamuju, Sulbar.

Hal ini untuk memperkuat posisi Sulbar sebagai penopang pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Pj Gubernur Sulawesi Barat (Sulbar) Akmal Malik berharap dengan pembukaan rute penerbangan baru dari Citilink menjadikan akses transportasi masuk dan keluar Sulawesi Barat makin mudah. Pilihannya pun makin banyak. ”Kami berharap dengan makin banyaknya rute penerbangan ke Sulbar, akan membuat daerah ini kian terbuka. Mudah mendapat kunjungan  dan mendorong pertumbuhan ekonomi daerah,” terang Akmal Malik, Rabu 15 Juni 2022.

Akmal menyebutkan, peluang kerjasama dengan Citilink ke depannya antara Pemprov Sulbar bersifat bussines to bussines (b to b).

Melalui pertemuan dengan beberapa maskapai penerbangan, Akmal Malik menegaskan posisi Sulbar yang siap menjadi penopang pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) baru Nusantara.

Dia menegaskan, pihaknya siap mencari solusi terkait kendala direct flight atau penerbangan langsung dari dan keluar dari Sulawesi Barat. ”Melalui BUMD Provinsi Sulbar, rute penerbangan ke Mamuju akan banyak. Dengan demikian, Sulbar mempertegas posisinya sebagai penopang pembangunan IKN Nusantara,” ujar Akmal Malik.

Menurut dia, penerbangan langsung ke Mamuju memungkinkan. Akan tetapi, hal tersebut terkendala dengan kondisi Bandar Udara Tampa Padang di Mamuju yang belum tersedia stasiun pengisian bahan bakar pesawat atau jaringan pengisian avtur.

Akmal menuturkan, ada dua upaya untuk menjaga keberlanjutan penerbangan dari dan menuju Sulbar melalui Bandara Tampa Padang. Yakni melalui skema subsidi atau mengkreasikan berbagai kegiatan yang membuat orang mau datang dan berkunjung ke Mamuju.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Survei Elektabilitas Bakal Calon Walkot Jogja yang Bertarung di Pilkada 2024, Sosok Ini Mendominasi

Mata Indonesia, Yogyakarta - Menjelang Pilkada 2024 di DIY, sejumlah lembaga survei sudah bergeliat menunjukkan elektabilitas para bakal calon Wali Kota dan juga Bupati. Termasuk lembaga riset Muda Bicara ID yang ikut menunjukkan hasil surveinya. Lembaga yang diinisiasi oleh kelompok muda ini mengungkap preferensi masyarakat Kota Jogja dalam pemilihan Wali Kota Jogja 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini