Istana: Pemerintah Terbuka dengan Kritik untuk Kepentingan Rakyat

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Juru Bicara Presiden Joko Widodo, Fadjroel Rachman membalas pernyataan ekonom senior Kwik Kian Gie, yang mengaku takut mengkritik pemerintah saat ini.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menyatakan, pemerintah siap menerima masukan dari masyarakat untuk kemajuan negara. Fadjroel menegaskan, silakan mengkritik pemerintah, dan tidak perlu takut dipidana.

“Pemerintah selalu terbuka dengan semua kritik terhadap setiap kebijakan untuk kepentingan rakyat,” kata Fadjroel di Jakarta, Selasa 9 Februari 2021.

Ia mengingatkan, masyarakat harus paham benar bagaimana menyampaikan kritik yang tepat, akurat serta terverifikasi, agar beda dengan fitnah maupun informasi hoaks.

“Sehingga bisa membedakan kritik dengan hoaks, fitnah, pencemaran nama baik yang berpotensi terkena pidana sesuai UU ITE,” ujar Fadjroel.

Kemudian, Fadjroel juga menyarankan agar Kwik Kian Gie tidak takut dengan serangan buzzer di media sosial. Baginya, bila diserang, cukup lakukan pemblokiran.

“Saya juga diserang buzzer dalam 24 jam. Saya gunakan fitur block saja, ada di Twitter,” kata Fadjroel.

Sebelumnya, Kwik berkata ia khawatir diserang buzzer pemerintah jika sampaikan kritik. Ia lalu memuji-muji Orde Baru, yang menurutnya lebih terbuka dari saat ini.

“Saya belum pernah setakut saat ini mengemukakan pendapat yang berbeda dengan maksud baik memberikan alternatif. Langsung saja di-buzzer habis-habisan, masalah pribadi diodal-adil,” kata Kwik, seperti dikutip dari akun Twitter-nya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Semua Pihak Perlu Bersinergi Wujudkan Pilkada Damai

Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) merupakan momen penting dalam kehidupan demokrasi di Indonesia. Pilkada tidak hanya sekadar agenda politik,...
- Advertisement -

Baca berita yang ini