Ini Lembaga Kontrol yang Bikin ICAC Jadi Hebat, KPK?

Baca Juga

MINEWS.ID, JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) selalu mengagung-agungkan komisi serupa di Hong Kong, Independent Commission Against Corruption (ICAC) sebagai panutannya.

Namun, satu yang mungkin tidak dimiliki KPK yaitu mekanisme check and balances yang seketat pendahulunya itu, padahal ICAC memiliki tingkat independensi yang tinggi dalam menangani setiap kasus korupsi.

Di ICAC sedikitnya ada sembilan organisasi yang bertanggung jawab menjamin netralitas dan obyektifitas lembaga itu, sementara KPK hanya ada empat penasihat. Berikut lembaga-lembaga yang tertera pada laman icac.org.hk;

Dewan Eksekutif

ICAC bertanggung jawab langsung kepada dewan ini yang awalnya dipimpin Gubernur Hong Kong. Komisioner ICAC selalu melaporkan setiap kebijakan umum kepada Dewan Eksekutif.

Dewan Legislatif

Lembaga ini memiliki otoritas untuk mencabut atau memberikan kekuatan kepada ICAC untuk menangani perkara. Komisioner ICAC harus menjawab setiap pertanyaan dewan soal kebijakan dan pendanaan komisi.

Penuntutan terpisah

Setelah sebuah penyidikan dinyatakan lengkap, ICAC akan berkoordinasi dengan Secretary of Justice atau semacam Sekretaris Kehakiman. Tujuan pemisahan penuntutan untuk menjamin tidak ada kasus yang diadili semata-mata karena penghakiman ICAC.

Pengadilan independen

Pengadilan yang independen untuk menjamin ICAC tidak bergerak ke luar jalur. ICAC diharuskan meminta persetujuan pengadilan sebelumnya untuk menggunakan wewenang tertentu, dan komisi itu harus dengan cermat mempertimbangkan komentar dari pengadilan dan melakukan tinjauan prosedur operasional untuk menghindari penyalahgunaan kekuasaan.

Media

ICAC tunduk pada pengawasan publik tertutup melalui media massa.

Komite Penasihat

Ada empat komite penasihat yang terdiri dari tokoh terkemuka yang ditunjuk eksekutif (dahulu Gubernur Hong Kong) dan diketuai warga sipil untuk mengawasi pekerjaan ICAC.

Komite Keluhan ICAC

Komite ini memantau dan meninjau semua keluhan non-pidana terhadap ICAC atau stafnya. Komite tersebut terdiri dari anggota Dewan Legislatif dan tokoh masyarakat terkemuka yang ditunjuk pimpinan eksekutif.

Pemantau Internal

ICAC menuntut standar integritas yang tinggi dari stafnya. Unit investigasi dan pemantauan internal, L Group, misalnya bertanggung jawab menyelidiki pelanggaran disiplin staf, dugaan korupsi terhadap staf ICAC dan pengaduan non-pidana terhadap ICAC atau stafnya. Lebih

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Antonius Fokki Ardiyanto Anggota DPRD Kota Yogya Tertarik Posisi Calon Wakil Wali Kota Yogyakarta

Mata Indonesia, Yogyakarta - Antonius Fokki Ardiyanto atau sapaan akrabnya Fokki yang saat ini masih aktif sebagai Anggota DPRD Kota Yogyakarta telah melakukan pendaftaran diri Bakal Calon Wakil Wali Kota Yogya, melalui PDI Perjuangan Jumat (3/5/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini