Ini Fakta Koperasi Jadi Penyangga Pemulihan Ekonomi Indonesia

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Koperasi menjadi satu penyangga pemulihan ekonomi Indonesia adalah fakta dengan bukti kuat.

Menurut Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki mengingatkan ada 127.846 koperasi dengan jumlah anggota 27,1 juta orang sepanjang 2021.

Maka total aset seluruh koperasi itu senilai Rp 250,98 triliun.

“Volume usahanya senilai Rp 182,35 triliun,” ujar Teten, dilansir Antaranews, Selasa 12 Juli 2022.

Maka, Teten berniat mengembangkan koperasi modern dengan memberikan fasilitasi penguatan.

Penguatan itu, di antaranya fasilitasi tenaga pendamping, akses pembiayaan dari Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (LPDB-KUMKM) dan Himpunan Bank Milik Negara (Himbara), kemitraan, offtaker/supplier, serta teknologi dan inovasi yang relevan.

Selain itu, lanjutnya, pemerintah turut mendorong koperasi untuk akses permodalan dan pembiayaan dari berbagai sumber alternatif perbankan maupun non-perbankan.

Dorongan tersebut berupa pemberian Kredit Usaha Rakyat (KUR) kluster oleh perbankan bagi anggota koperasi dengan bunga kompetitif.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini