Ini Empat Manfaat “WWW” untuk Manusia

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Warga milenial pasti sering menjumpai tiga huruf ini “www” saat berselancar di dunia maya.

Tiga huruf itu merupakan kependekan dari world wide web. Itu adalah sistem untuk mengirim dan menyebarkan data melalui jaringan internet ke seluruh dunia, baik dalam bentuk teks, gambar, video, maupun suara.

Berkat “world wide web,” seluruh manusia di penjuru dunia bisa mengakses informasi apa pun dengan cepat selama koneksi internet tersedia dengan baik.

Lalu, apa saja sih keunggulan “world wide web” ini bagi manusia? Mari kita simak yang berikut:

  1. Web Mail Service
    Digunakan untuk mengirim surat elektronik (sarana mengirim surat melalui internet) yang lebih dikenal dengan nama e-mail. Selain mengirim, pengguna juga dapat menerima dan meninjau e-mail dari browser web mereka dengan mudah. Fitur yang disediakan oleh web mail service pun tidak sedikit, contohnya sudah sering kali kita lihat yaitu Yahoo! Mail, Gmail, Hotmail, dan AOL Mail. Cara nya mudah, cukup ketik URL situs dari web mail di kolom alamat browser, kemudian ketika sudah sampai di laman dipersilakan untuk mengisi e-mail pengguna dan kata sandi.
  2. Mengakses Web Hosting
    Web hosting adalah layanan media untuk menyimpan data berupa tulisan, gambar, atau video pengguna yang diakses melalui website. Nantinya situs web yang disimpan itu disebut server.

Nah, website ini disediakan oleh penyedia jasa layanan hosting yang terdiri dari beberapa jenis, yaitu shared hosting, dedicated hosting, VPS (Virtual Private Server) dan colocation server. Biasanya yang digunakan untuk pemula adalah shared hosting karena masih tergolong mudah tanpa perlu menguasai bahasa pemograman.

Apabila pengguna internet ingin melihat situs web seseorang, mereka hanya perlu mengetik alamat situs web yang ingin dituju di dalam browser mereka. Kemudian mereka akan langsung terhubung ke server yang sudah diketik tadi. Perusahaan hosting mewajibkan penggunanya memiliki domain untuk menjadi host bersama mereka, jika tidak punya domain, maka perusahaan hosting akan membantu untuk membelinya.

  1. Menggunakan Search Engine
    Kata ini sering kali dilihat, search engine adalah layanan yang digunakan untuk mencari informasi berdasarkan kata kunci tertentu. Informasi tersebut tersimpan di dalam layanan World Wide Web di sejumlah jaringan komputer. Jika dipahami sekilas, tak ada bedanya dengan website pada umumnya. Namun, search engine atau mesin pencari lebih terarah kepada informasi berdasarkan kebutuhan para pengguna, apa yang ingin dicari saja oleh pengguna. Beberapa search engine di antaranya, Google, Bing, dan Yahoo! Search.
  2. Mengakses Portal
    Portal adalah situs web yang bertujuan untuk mengarahkan pembaca agar melihat, membaca, dan berinteraksi dengan informasi yang tertera pada website tersebut. Sederhananya, portal merupakan penyedia layanan informasi khusus untuk membuat pembaca tertarik untuk masuk pada halaman website yang dicari. Hal ini bisa menjadi strategi bisnis perusahaan dan meningkatkan traffic pada mesin pencari. Contoh portal, yaitu portal web berita, bisnis, teknologi, gaya hidup, atau kesehatan. (Annisaa Rahmah)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Antonius Fokki Ardiyanto Anggota DPRD Kota Yogya Tertarik Posisi Calon Wakil Wali Kota Yogyakarta

Mata Indonesia, Yogyakarta - Antonius Fokki Ardiyanto atau sapaan akrabnya Fokki yang saat ini masih aktif sebagai Anggota DPRD Kota Yogyakarta telah melakukan pendaftaran diri Bakal Calon Wakil Wali Kota Yogya, melalui PDI Perjuangan Jumat (3/5/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini