Ini Daftar Orang Indonesia yang Lulus Cum Laude dari Harvard

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Siapa yang tidak kenal dengan Universitas Harvard? Banyak penduduk dunia termasuk dari Indonesia ingin melanjutkan studinya di sana.

Universitas Harvard terletak di Cambridge, Massachusetts, Amerika Serikat. Berdiri sejak 8 September 1636, Universitas Harvard menjadi salah satu univeritas terbaik di dunia sampai saat ini.

Saat pertama kali berdiri, Universitas Harvard menggunakan kata College bukan university. Baru pada 1780, berubah menjadi Harvard University.

Universitas Harvard memiliki sembilan fakultas ternama, yaitu Harvard Faculty ff Arts and Sciences, Harvard Medical School, Harvard Divinity School, Harvard Law School, Harvard Business School, Harvard Graduate School of Design, Harvard Graduate School of Education, Harvard School of Public Health dan Kennedy School of Government.

Banyak tokoh dunia seperti Presiden Amerika Serikat Barack Obama dan John F. Kennedy lulusan Harvard. Tetapi, ada pula orang Indonesia yang harum namanya di universitas bergengsi dunia tersebut seperti berikut.

1. Nadhira Nuraini Afifa
Nadhira merupakan salah satu dari tiga anak muda Indonesia penerima beasiswa LPDP yang berhasil menyelesaikan studi di Universitas Harvard. Nadhira lulusan S2 jurusan kesehatan masyarakat, Harvard T.H. Chan School of Public Health.

Ia memenangkan Grand Prize Winner of MIT Innovation in Global Health Systems Hackathon dengan topik mengurangi kasus malnutrisi di Indonesia melalui artificial intelligence menggunakan aplikasi smartphone dan terpilih mengikuti program peningkatan nutrisi anak usia 5-10 tahun di Tanzania.

Berkat prestasinya yang luar biasa karena lulus dengan predikat cum laude, Nadhira terpilih sebagai pembicara pertama pada wisuda kelulusan tahun 2020.

2. Andhika P. Sudarman
Merupakan lulusan S2 jurusan hukum, Harvard Law School yang memperoleh predikat Dean’s Awards For Community Leadership. Andhika memenangkan MIT FinTech Hackaton Challenge 2020 serta menjadi pembicara HLS APALSA’s American Democratic Presidential Debat. Dan ia merupakan pemuda asal Indonesia yang pertama terpilih untuk memberikan pidato pada wisuda kelulusannya.

3. Jane Tjahjono
Jane merupakan mahasiswi S2 jurusan Kebijakan Publik, Harvard Kennedy School. Ia membuat tesis berjudul “Improving Household Organic Waste Management In Jakarta, Indonesia” dan memperoleh kategori “Distinction Top 5-10 percent Tesis.”

4. Mikha Tambayong
Artis cantik Mikha Tambayong juga merupakan lulusan Harvard University. Pada tahun 2017, ia berhasil lulus dengan predikat cum laude dari Fakultas Hukum di Universitas Pelita Harapan. Lalu, ia melanjutkan kuliah di Program International Executive Master of Management (IEMM) UPH. Melalui program inilah Mikha berkesempatan untuk mengikuti short course di Harvard University dengan jurusan manajemen tahun 2020.

Dan dengan program tersebut, Mikha mendapat sertifikat profesional dari Harvard University. Kini Mikha Tambayong menyandang gelar Maudy Mikha Maria Tambayong, SH., M.M.

Dalam proses belajar, tak heran jika Harvard berhasil mencetak lulusan yang cerdas. Karena di Harvard memiliki aturan bagi mahasiswa berjanji tidak akan melakukan kecurangan akademis.

Menurut Nadhira Nuraini, meski ia dikelilingi orang-orang pintar, sistem pendidikan di Harvard justru tidak dirasakan ada persaingan. Ia merasa bahwa anak-anak di sana sangat pintar jadi tidak punya jiwa untuk saling mengalahkan orang lain. Mereka justru saling membantu dan berdiskusi untuk membuat sesuatu bersama. (Annisaa Rahmah)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Program AMANAH Kembangkan SDM Muda Kelola Potensi Kekayaan Aceh

Program Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (AMANAH) mampu mengembangkan kualitas sumber daya manusia (SDM) muda di Tanah Rencong...
- Advertisement -

Baca berita yang ini