Ini Cara Cek Wilayah yang Sudah Dapat Siaran TV Digital

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Pemerintah mulai perlahan mematikan siaran TV analog dan mulai beralih ke siaran TV digital. Hal ini membuat publik perlu mulai beradaptasi dengan skema tersebut. Nah, berikut ini cara mengecek wilayah mana saja yang sudah ada siaran TV digital atau belum.

Ada dua cara yang bisa dilakukan, yakni mengeceknya lewat situs Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan lewat aplikasi SinyalTVDigital.

Situs Kominfo
Lewat browser, kunjungi https://siarandigital.kominfo.go.id/informasi/lembaga-penyiaran. Di halaman ini, kalian bisa melihat jangkauan siaran dan wilayah-wilayah yang sudah ada siaran TV digital.

Aplikasi SinyalTVDigital
Cara kedua adalah menggunakan aplikasi SinyalTVDigital yang jauh lebih mudah. Aplikasi ini juga membantu untuk mengecek apakah sinyal TV digital lemah, jelek bahkan hilang. Aplikasi ini sangat tepat digunakan sebelum memutuskan untuk membeli perangkat TV digital TV DVB-T2 atau STB DVB-T2.

1. Download aplikasi sinyalTVdigital di Google Play Store
2. Buka aplikasi dan izinkan untuk mengakses lokasi kalian
3. Tampilan aplikasi akan berubah sesuai lokasi
4. Tap ikon layer atau kotak bertumpuk di kanan atas, dekat ikon zoom in dan zoom out
5. Cek warna yang muncul pada peta. Sinyal terkuat adalah merah, sedangkan sinyal lemah berwarna putih.

Semoga berguna!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Semua Pihak Perlu Bersinergi Wujudkan Pilkada Damai

Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) merupakan momen penting dalam kehidupan demokrasi di Indonesia. Pilkada tidak hanya sekadar agenda politik,...
- Advertisement -

Baca berita yang ini