Ini Bukti Warga Jakarta Harus Waspada Terhadap Serangan Tawon Pembunuh

Baca Juga

MINEWS.ID, JAKARTA – Jakarta benar-benar harus waspada serangan tawon pembunuh manusia, vespa affinis. Sebab, sepanjang 2019 Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta sudah mengevakuasi setidaknya 327 sarang tawon.

“Kasus sarang tawon relatif tinggi dibandingkan kasus penanganan penyelamatan lain. Sebagian besar tawon vespa affinis,” kata Kepala Seksi Publikasi dan Pemberdayaan Masyarakat, Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta, Saepuloh, di Jakarta, Senin 8 Juli 2019.

Perinciannya pada Januari 2019 sebanyak 83 kasus evakuasi, Februari 68 kasus, Maret 77 kasus, April sebanyak 40 kasus, Mei 21 kasus, dan pada Juni ada 38 kasus.

Jenis tawon yang ditangani pun tak main-main, termasuk Vespa Affinis atau Tawon Endhas yang pernah menggemparkan karena menewaskan tujuh orang di Klaten, Jawa Tengah.

Tawon pembunuh itu bisa mematikan apabila manusia disengat dalam jumlah banyak sekaligus sehingga evakuasi harus dilakukan dengan ekstra hati-hati.

Tak hanya tawon, Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI juga menangani evakuasi hewan lainnya, seperti ular, biawak, hingga kucing.

Berita Terbaru

Tindakan OPM Semakin Keji, Negara Tegaskan Tidak Akan Kalah Lawan Pemberontak

Organisasi Papua Merdeka (OPM) banyak melancarkan aksi kekejaman yang semakin keji. Maka dari itu, negara harus tegas untuk tidak...
- Advertisement -

Baca berita yang ini