Indonesia Terpapar Corona, Rupiah Diramalkan Balik Merah Merona

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Nilai tukar rupiah atas dolar AS diramalkan akan kembali melemah pada perdagangan, Selasa 3 Maret 2020.

Kemarin, rupiah ditutup pada posisi Rp 14.265 atau menguat 0,58 persen.

Direktur TRFX Garuda Berjangka Ibrahim meramalkan laju pelemahan rupiah akan berkisar pada Rp 14.210 hingga Rp 14.320 per dolar AS.

Ia mengatakan laju mata uang garuda hari ini masih akan dibayangi oleh sejumlah sentimen dari luar negeri antara lain sebagai berikut.

Pertama, soal isu penurunan suku bunga acuan Bank Sentral AS atau The Fed. Sejumlah investor kian yakin kalau The Fed mungkin melonggarkan kebijakan moneter untuk beberapa bulan ke depan.

“Pelonggaran kebijakan ini sebagai respon atas penyebaran virus corona dari Cina ke puluhan negara dan potensi pukulan yang melumpuhkan ekonomi global termasuk AS,” ujar Ibrahim.

Kedua, soal rilis data WHO (World Health Organization) di awal Februari soal virus corona. Virus ini kian meyebar secara pesat ke segala arah dan sulit dideteksi.

“WHO dikabarkan sudah tidak bisa lagi memonitor virus Corona, karena sudah menyebar di 48 negara, yang terbaru di Afrika yaitu Nigeria,” kata Ibrahim.

Sementara dari dalam negeri, pasca diumumkannya Indonesia positif wabah Covid-19 oleh Presiden Joko Widodo pada hari ini, pelaku pasar semakin khawatir terhadap wabah virus tersebut.

Apalagi, wabah tersebut terbukti mampu memporak porandakan fondasi ketahanan ekonomi yang sudah dibangun begitu kuat.

Hasil jerih payah yang sudah dilakukan oleh Pemerintah dan Bank Indonesia untuk menstabilkan perekonomian dan mata uangnya hancur lebur akibat wabah Covid-9 yang lebih buruk dibandingkan perang dagang dan Brexit.

Akibat meluasnya wabah virus Corona, lanjutnya, menyebabkan goncangan ekonomi secara global termasuk Indonesia. Namun persentasenya masih relatif kecil dibandingkan negara-negara lainnya yaitu hanya 1,08 persen.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini