Indonesia Pakai Biodiesel, Negara Tetangga Ngiler

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Keputusan pemerintah Indonesia untuk mengembangkan sawit menjadi sumber energi biodiesel B20 menggantikan BBM ternyata membuat negara tetangga tergiur.

Thailand dan Malaysia dikabarkan tertarik untuk mengikuti langkah Indonesia dalam pemakaian biodiesel. Bahkan, Shell Malaysia dan Thailand siap mengarah ke bahan bakar baru ini dalam waktu dekat.

Terbukti, Shell sebagai salah satu perusahaan swasta yang melayani pengisian bahan bakar telah mengubah namanya dari Shell Diesel menjadi Shell Diesel Bio.

Tapi, sepertinya negara tetangga sedikit terlambat. Pasalnya, setelah meluncurkan B20 pada September 2018 lalu, kini Kementerian ESDM sedang melakukan upaya uji coba pada bahan bakar B30.

Diketahui pemerintah akan mewajibkan penggunaan campuran biodiesel 30% atau B30 pada kendaraan ini mulai tahun 2020. Hal ini dilakukan untuk mengurangi ketergantungan impor juga menyediakan BBM yang lebih ramah lingkungan.

Pemerintah berharap, konsumsi biodiesel dalam negeri di 2025 akan meningkat hingga mencapai 6,9 juta kilo liter. Adapun konsumsi biodiesel pada tahun 2018 telah mencapai 3,8 juta kilo liter, dimana implementasi B20 telah dilakukan.

Berita Terbaru

Antonius Fokki Ardiyanto Anggota DPRD Kota Yogya Tertarik Posisi Calon Wakil Wali Kota Yogyakarta

Mata Indonesia, Yogyakarta - Antonius Fokki Ardiyanto atau sapaan akrabnya Fokki yang saat ini masih aktif sebagai Anggota DPRD Kota Yogyakarta telah melakukan pendaftaran diri Bakal Calon Wakil Wali Kota Yogya, melalui PDI Perjuangan Jumat (3/5/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini