Hasil Sidang Isbat Bikin Pemerintah dan Muhammadiyah Rayakan Idul Fitri Bersamaan, Senin 2 Mei 2022

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Akhirnya sebagian besar umat Islam Indonesia bisa merayakan Idul Fitri 1443 Hijriah bersamaan karena hasil Sidang Isbat di Kementerian Agama menghasilkan musyawarah 1 Syawal 1443 Hijriah bertepatan dengan Senin 2 Mei 2022.

Apalagi keputusan itu diperoleh secara bulat dari peserta sidang yang berlangsung di Kantor Kementerian Agama, Jalan MH Thamrin Nomor 6, Jakarta, Minggu 1 Mei 2022.

“Sidang isbat secara bulat menetapkan 1 Syawal 1443 H jatuh pada hari Senin, 2 Mei 2022,” ujar Menag Yaqut Cholil Qoumas dalam konferensi pers yang digelar usai Sidang Isbat 1 Syawal 1443 H.

Ada dua hal yang membuat peserta sidang memutuskan 1 Syawal 1443 hijriah bertepatan dengan 2 Mei 2022.

Pertama adalah paparan Tim Unifikasi Kalender Hijriyah Kemenag yang menyampaikan bahwa ketinggian hilal di seluruh Indonesia berada pada posisi 4 derajat 0, 59 menit sampai dengan 5 derajat 33,57 menit.

Artinya, posisi hilal di Indonesia saat ini telah memenuhi Kriteria Baru MABIMS (Menteri Agama Malaysia, Brunei Darussalam, Indonesia, dan Singapura).

Kedua, berdasarkan hasil pemantauan atau rukyatul hilal pada 99 titik di Indonesiadari Aceh hingga Papua yang mencatat hal sama. Hilal telah terlihat.

Dengan demikian hasil itu sama dengan penetapan yang dilakukan PP Muhammadiyah seperti tertuang dalam Maklumat Nomor 01/MLM/I.0/E/2022 tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadhan, Syawal, dan Zulhijah 1443 H.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini