Hari Ini, Jemaah Naqsabandiyah di Padang Mulai Berpuasa

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA-Penentapan awal ramadan di Indonesia selalu saja ada perbedaan. Hal itu terbukti ada beberapa aliran keagamaan yang lebih dulu melakukan puasa sebelum ditetapkan oleh pemerintah.

Sebut saja jemaah Naqsabandiyah di Padang, Sumatera Barat yang sudah mulai melaksanakan ibadah puasa Ramadan 1440 Hijriah pada Sabtu 4 Mei 2019. Sebelumnya pada Jumat 3 Mei 2019 malam para jemaah sudah melaksanakan salat tarawih.

Mursyid jemaah tarekat Naqsabandiyah Surau Baitul Makmur, Syafri Malin Mudo mengatakan perhitungan 1 Ramadan 1440 Hijriah dilakukan dengan melihat bulan sejak bulan Rajab dan Sya’ban.

“Kami menggunakan metode hisab Munjid, dasarnya sejak tahun 16 Hijriah, jadi pada malam ke-8, ke-15 dan ke-22 bulan Rajab kami sudah melihat bulan,” ujar Syafri seperti dilansir Antara.

Ada puluhan masjid dan musala di Padang yang menjadi pusat peribadahan bagi jamaan tarekat Naqsabandiyah. Mayoritas masjid dan musala tersebar di Kecamatan Pauh dan Kecamatan Lubuk Kilangan.

Pakar Hisab dan Rukyat Muhammadiyah Sumatera Barat Firdaus AN menyampaikan berdasarkan hasil hisab 1 Ramadan 1440 Hijriah bertepatan dengan Senin 6 Mei 2019.

Firdaus menerangkan berdasarkan hasil hisab pada 29 Rajab 1440 Hijriah posisi bulan pada saat matahari terbenam sudah mencapai lima derajat. “Jika sudah lima derajat bulan baru sudah masuk, sedangkan berdasarkan kesepakatan ahli saat posisi dua derajat dinyatakan bulan baru sudah masuk,” ujarnya.

Sementara itu di pusat, Kementerian Agama (Kemenag) belum menentukan 1 Ramadan 1440 Hijriah bagi umat Islam di Indonesia. Itu baru akan ditentukan dalam sidang isbat yang digelar pada 5 Mei mendatang.

Dirjen Bimas Islam Kemenag Muhammadiyah Amin menyatakan sidang isbat itu digelar berdasarkan pemantauan hilal (bulan sabit pertama) di 34 provinsi Indonesia.



Di sisi lain, pada Maret lalu, PP Muhammadiyah telah menetapkan awal Ramadan 1440 Hijriah jatuh pada 6 Mei 2019. Itu ditetapkan berdasarkan hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani Majelis Tarjih dan Tajdid, PP Muhammadiyah. Hal tersebut diumumkan PP Muhammadiyah lewat maklumat bernomor 01/MLM/I.0/E/2019 yang dikutip dari situs resmi organisasi kemasyarakatan Islam tersebut.

Berita Terbaru

Rumah Sekda Karawang Digeledah, Begini Tanggapan Ketua BEM Fakultas Hukum UBP Karawang

MATA INDONESIA, KARAWANG-Pasca penggeledahan ruang dinas dan rumah Sekretaris Daerah Kabupaten Karawang yang dilakukan oleh Kejaksaan Tinggi Jawa Barat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini