Galakkan Gerakan Biopori, Pemkot Jogja Klaim Prodiksi Sampah Berkurang hingga 30 Persen

Baca Juga

Mata Indonesia, Yogyakarta – Gerakan Mbah Dirjo atau Mengolah Limbah dan Sampah dengan Biopori Ala Jogja, yang dijalankan oleh Pemkot Jogja, berhasil mengurangi produksi sampah harian Kota Jogja sebanyak 30 persen.

Dengan rata-rata produksi sampah mencapai 260 ton per hari, gerakan ini mampu mengurangi jumlah sampah sebesar 78 ton setiap harinya. Penjabat (Pj) Wali Kota Jogja, Singgih Raharjo, menyatakan komitmen untuk menjalankan gerakan ini secara masif guna mengurangi jumlah sampah.

“Memang gerakan ini tidak hanya ditujukan kepada masyarakat, tetapi juga kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkot Jogja. Setiap ASN diminta untuk menerapkan pengolahan sampah organik dengan metode biopori di rumah masing-masing serta mengedukasi tetangga mereka untuk mengikuti gerakan serupa,” kata Singgih, Sabtu 5 Agustus 2023.

Singgih menekankan bahwa seluruh ASN di kota diwajibkan menjadi contoh dalam menerapkan gerakan Mbah Dirjo di rumah mereka dan juga bertugas mengedukasi tetangga agar ikut mengimplementasikan gerakan ini, terutama dalam mengurangi sampah organik.

Setiap ASN harus memberikan bukti bahwa gerakan Mbah Dirjo sudah diterapkan di tingkat rumah tangga mereka, dengan mengirimkan foto bukti ke atasan masing-masing untuk direkap.

Di sisi lain, Singgih juga menyesalkan perilaku masyarakat yang masih membuang sampah sembarangan di beberapa titik, meskipun depo dan Tempat Pembuangan Sampah (TPS) sudah tersedia meski dalam jumlah terbatas.

“Sebenarnya Depo kan sudah diaktifkan tapi terbatas. Kami harap kesadaran warga dapat meningkat, jadi tak perlu lah buang sampah di pinggir jalan seperti itu,” ujar dia.

Menghadapi libur akhir pekan panjang, Pemkot Jogja mengajak wisatawan untuk turut serta dalam mengurangi produksi sampah.

Masyarakat diharapkan dapat memilah sampah antara organik dan anorganik agar proses penguraian di depo dan TPS menjadi lebih mudah.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

BEM Nusantara DIY Gelar Aksi Peringatan Hari Buruh Internasional

Mata Indonesia, Yogyakarta - BEM Nusantara DIY melakukan aksi peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day di Titik Nol Yogyakarta pada Rabu, 1 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini