Gagal Juara, Indonesia Masih Negara Paling Sukses di Piala Thomas

Baca Juga

MATA INDONESIA, BANGKOK – Indonesia tumbang di tangan India pada final Piala Thomas 2022. Tapi, Merah Putih masih menjadi pengoleksi terbanyak piala beregu putra tersebut.

Pada laga final yang digelar di Impact Arena, Minggu 15 Mei 2022, Indonesia kalah telak 0-3 dari Indonesia. Tiga pemain skuat Merah Putih, Anthony Sinisuka Ginting, Mohammad Ahsan/Kevin Sanjaya Sukamuljo, dan Jonatan Christie semuanya tumbang.

Bagi India, ini merupakan sejarah karena baru pertama kali menjadi juara Piala Thomas. Walaupun kalah, Indonesia tetap negara tersukses di ajang kejuaraan beregu putra itu.

Saat ini Indonesia mengoleksi 14 trofi Piala Thomas atau unggul empat trofi dari Cina di posisi kedua. Terakhir kali Negeri Tirai Bambu juara pada 2018.

Hanya Indonesia dan Cina yang mampu mengoleksi dua digit trofi Piala Thomas. Selebihnya, Malaysia mengemas lima trofi dan sisanya Jepang, Denmark, India masing-masing satu trofi.

Kekalahan Indonesia atas India cukup mengejutkan. Apalagi dalam perjalanannya, Hendra Setiawan dkk,. mampu mengalahkan dua unggulan, Cina dan Jepang.

“Kita akui lawan memang lebih baik. Pemain juga sudah berjuang maksimal. Di olahraga biasa ada menang dan kalah. Yang penting kita harus tetap semangat karena masih banyak kejuaraan di depan,” ujar Ketua Harian PP PBSI, Alex Tirta.

Daftar Negara Peraih Thomas Cup
Indonesia 14 gelar
China 10 gelar
Malaysia 5 gelar
Jepang 1 gelar
Denmark 1 gelar
India 1 gelar

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini