Erick Thohir Tunjuk Chatib Basri Jadi Wakil Komut Mandiri, Begini Harapannya

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Mengisi kekosongan jabatan wakil komisaris utama Bank Mandiri, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menunjuk Muhammad Chatib Basri.

Penunjukkan itu akan diumumkan resmi pada Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB), Senin 9 Desember 2019.

Erick ingin Chatib membawa Bank Mandiri menjadi financial services yang disegani di Asia Tenggara.

“Saya bersyukur Pak Chatib Basri mau masuk dalam jajaran Komisaris Bank Mandiri, Mantan Menteri dengan reputasi yang sangat baik mau berkeringat ikut membenahi BUMN. Semoga menjadi sinyalemen positif bagi Bank Mandiri,” kata Erick dalam keterangan tertulis, Minggu 8 Desember 2019.

Chatib Basri bukan orang baru di pemerintahan. Lelaki kelahiran Jakarta 22 Agustus 1965 itu pernah menjabat Menteri Keuangan Indonesia sejak 21 Mei 2013 hingga 20 Oktober 2014.

Sebelumnya dia juga menjabat Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal sejak 14 Juni 2012 hingga 1 Oktober 2013.

Keahlian utamanya adalah bidang makroekonomi, perdagangan internasional, dan ekonomi politik.

Dia juga pernah menjadi Penasihat Khusus Menteri Keuangan Republik Indonesia (2006-2010), Sherpa Indonesia untuk G-20 (2008) dan Deputi Menteri Keuangan untuk G-20 (2006-2010).

Di dunia pendidikan, Chatib Basri mengajar di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia dan menjadi Ash Centre Senior Fellow di Harvard Kennedy School 2015-2016.

Dia juga menjadi Fellow di Centre on Global Transformation University of California at San Diego 2016 dan anggota the World Bank Advisory Council on Gender and Development.

Selain itu ia juga menjadi anggota Advisory Board dari Centre for Applied Macroeconomic Analysis. Sebelumnya pendiri CReco Research Institute ini menjadi Wakil Ketua Komite Ekonomi Nasional dan pernah menjadi komisaris di beberapa perusahaan publik, dan konsultan di berbagai lembaga internasional.

Dr. Chatib Basri juga menjadi Thee Kian Wie Distinguished Visiting Professor di the Australian National University.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

BEM Nusantara DIY Gelar Aksi Peringatan Hari Buruh Internasional

Mata Indonesia, Yogyakarta - BEM Nusantara DIY melakukan aksi peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day di Titik Nol Yogyakarta pada Rabu, 1 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini