Ekonom: Target Ekonomi 5 Persen Masih Realistis

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Target pertumbuhan ekonomi nasional kembali ke level 5 persen di tahun 2021. Angka target tersebut juga sudah tertuang dalam asumsi dasar ekonomi dalam APBN tahun ini.

Peneliti dari CORE Indonesia, Yusuf Rendy Manilet menilai pemerintah harus bisa mengeksekusi kebijakan vaksinasi dengan baik sekaligus penerapan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) dilakukan dengan proses testing, tracing, treatment (3T) dan protokol kesehatan (prokes) memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan (3M) secara disiplin dan ketat.

”Isolasi yang lebih masif, menyalurkan bantuan PEN yang lebih cepat, pertumbuhan ekonomi 5 persen masih mungkin untuk dicapai,” kata Yusuf.

Menurut Yusuf, pemerintah juga perlu meniru apa yang dilakukan pemerintah Vietnam dalam menangani COVID-19. Pemerintah Vietnam berhasil menekan laju Corona yang berdampak pada pertumbuhan ekonominya tumbuh 2,9% di tahun 2020.

”’Pelajaran tentu bisa diambil dari Vietnam, penanganan kesehatan dari COVID-19 yang baik pada muaranya akan berujung pada kinerja ekonomi yang lebih baik,” katanya.

Ekonom dari Universitas Indonesia (UI) Ninasapti Triaswati menilai target tersebut akan sulit direalisasikan oleh pemerintah jika penyebaran COVID-19 di Tanah Air masih tinggi setiap hari hingga saat ini.

Untuk mencapai target tersebut, tampaknya pemerintah butuh ekstra kerja keras. Sebab, tantangan perekonomian nasional maupun dunia masih berasal dari pandemi COVID-19.

Pada tahun 2020, perekonomian Indonesia minus 2,07 persen. Hal itu menyusul realisasi pertumbuhan ekonomi minus 2,19 persen di kuartal IV-2020.

Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan telah menyiapkan beberapa strategi agar tren pemulihan ekonomi nasional dapat berlanjut hingga akhir tahun 2021. Pemerintah menargetkan pertumbuhan ekonomi ke level 5 persen di tahun 2021.

Kepala BKF Kementerian Keuangan, Febrio Kacaribu mengatakan tren pemulihan ekonomi terlihat dari indikator purchasing manager index (PMI) Indonesia yang menjadi 52,2 pada Januari 2021. ”Tren pemulihan ekonomi pada triwulan IV-2020 ini diprediksi akan terus berlanjut di tahun 2021,” kata Febrio.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Perjuangkan Kesejahteraan Buruh dan Petani, Dani Eko Wiyono Siap Maju Calon Bupati Sleman Melalui Jalur Independen

Mata Indonesia, Sleman - Alumni aktivis 98 sekaligus aktivis yang selalu menyuarakan aspirasi buruh/pekerja Daerah Istimewa Yogyakarta, Dani Eko Wiyono ST. MT ini bertekad maju bakal calon bupati Sleman dalam Pilkada Sleman nanti. Dani menilai, hingga saat ini, mayoritas kehidupan buruh masih sangat jauh dari kata sejahtera. Buruh masih dianggap hanya sebagai tulang punggung ekonomi bangsa tanpa diperjuangkan nasib hidupnya.
- Advertisement -

Baca berita yang ini