Dunia Bisnis Bantu Inovasi di Indonesia

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Associate Researcher Center for Indonesian Policy Studies (CIPS) Andree Surianta meminta agar kebijakan yang pemerintah buat tidak menghambat tetapi dapat membantu dunia bisnis membantu inovasi riset di Indonesia.

“Dalam pengembangan vaksin COVID-19, misalnya. Meskipun anggota konsorsium Vaksin Merah Putih adalah universitas dan lembaga riset, tetapi tetap harus menggandeng perusahaan farmasi untuk uji klinis dan produksi massal nantinya,” katanya, Selasa 27 April 2021.

Dirinya mengingatkan bahwa beberapa vaksin yang mendapat izin edar, malah seluruh penelitiannya dilakukan oleh perusahaan farmasi.

“Impian Making Indonesia 4.0 rasanya akan sulit tercapai bila ekosistem inovasi tidak mulai diintegrasikan dengan investasi,” katanya.

Andree berpendapat bahwa peleburan Kemenristek mengindikasikan bahwa pemerintah masih berkutat di pemahaman lama bahwa inovasi adalah kegiatan akademis. Padahal, lanjutnya, bisnis juga memainkan peranan sangat penting dalam ekosistem inovasi yang kuat.

“Prinsip berinovasi untuk bertahan sangat kuat di negara-negara maju di mana lebih dari 50 persen litbangnya didanai bisnis. Sedangkan di Indonesia, dunia usaha hanya menyumbang inovasi senilai 8 persen dari belanja litbang nasional,” katanya.

Seperti diketahui, sejumlah BUMN dan perusahaan swasta nasional telah terbukti memiliki inovasi yang tingkatnya mengglobal.

Misalnya, Perum Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri) turut serta dalam gelaran pameran Hannover Messe 2021 (pameran terbesar dunia untuk teknologi industri) dan memperkenalkan inovasi di bidang digital business solutions dalam kategori pameran digital ekosistem.

Ketiga produk yang dipamerkan yaitu Peruri Sign, Peruri Code dan Peruri Trust.

“Keikutsertaan Peruri dalam pameran tersebut merupakan apresiasi yang luar biasa dari pihak eksternal serta membuktikan bahwa Peruri memiliki kompetensi yang baik dalam menghadapi persaingan di tingkat global dan industry 4.0 melalui berbagai inovasi yang dilakukan,” kata Head of Corporate Secretary Peruri Adi Sunardi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Apresiasi Aparat Keamanan Tangkap Petinggi OPM Paniai Papua

Satuan Tugas (Satgas) Damai Cartenz berhasil menangkap petinggi Organisasi Papua Merdeka (OPM) Paniai bernama Petrus Pekei, yang mana pernah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini