Dolly Pulungan, Anak Kebun yang Mencuri di Lahan Sendiri

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) resmi menetapkan Direktur Utama (Dirut) PT Perkebunan Nusantara III (PTPN III) Dolly Pulungan sebagai tersangka kasus suap terkait distribusi gula di PTPN III Tahun 2019. Tapi, siapakah dia sebenarnya?

Jauh sebelum gabung ke PTPN III, Dolly sempat menjabat sebagai Group Head-Asset Management Credit IBRA dari periode 1998-2004. Setelah itu, dia ke Bahana Sekuritas menjabat sebagai Senior Vice President-Investment Management PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia dari 2004-2008.

Namun, di jajaran direksi BUMN Perkebunan dia bukan orang baru. Dolly tercatat pernah menjabat Direktur Keuangan pada PTPN X dari 2008-2014. Kemudian, ditarik ke Surabaya menjadi Dirut PT Perkebunan XI dari tahun 2015-2017.

Hampir 5 tahun di PTPN XI, Dolly dinilai sangat sukses meningkatkan produktivitas tebu dan rendemen gula. Hasilnya pada 2016, produksi gula PTP Nusantara XI mencapai 142.000 ton, dengan rendemen tertinggi, 7,08 persen.

Kepiawaian Doly terbukti ketika dia dipindahkan ke BUMN peternakan PT Berdikari. Seketika itu juga produktivitas PTPN XI merosot drastis.

Di Berdikari Dolly hanya ‘transit’ selama dua bulan, kemudian di tugaskan ke PT Garam.
Setelah menjadi Dirut pergaraman, baru lah Dolly kembali ke ‘habitatnya’ sebagai ‘orang kebun.’

Dia menggantikan Andi Wibisono yang menjadi Dirut PTP Nusantara VII di Kalimantan Barat (2017-2018).

Cuma setahun di sana, karena ada perubahan nomenkatur jabatan direksi BUMN Perkebunan, Dolly mengisi jabatan Wakil Dirut Holding PT Perkebunan Nusantara III.

Hanya magang sebentar, dia lalu ditunjuk Menteri BUMN Rini Soemarno menjadi pelaksana tugas perusahaan itu menggantikan Dasuki Amsir yang hijrah ke BTN, tahun lalu.

Dan akhirnya dinobatkan sebagai Dirut PTPN III yang adalah induk usaha (holding) bagi seluruh BUMN bisnis perkebunan.

Namun, aroma ‘mencuri di kebun sendiri’ sudah tercium sejak Dolly kembali menjadi ‘orang kebun.’ Itulah peristiwa yang disayangkan.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Antonius Fokki Ardiyanto Anggota DPRD Kota Yogya Tertarik Posisi Calon Wakil Wali Kota Yogyakarta

Mata Indonesia, Yogyakarta - Antonius Fokki Ardiyanto atau sapaan akrabnya Fokki yang saat ini masih aktif sebagai Anggota DPRD Kota Yogyakarta telah melakukan pendaftaran diri Bakal Calon Wakil Wali Kota Yogya, melalui PDI Perjuangan Jumat (3/5/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini