Dilalap Si Jago Merah, 38 Tahanan Tewas Terpanggang

Baca Juga

MATA INDONESIA, GITEGA – Sedikitnya 38 tahanan dilaporkan tewas dan 69 tahanan lainnya mengalami luka parah setelah kebakaran terjadi di sebuah penjara utama di ibu kota Burundi, Gitega. Wakil Presiden Burundi, Prosper Bazombanza membenarkan kabar mengenai insiden ini.

Kebakaran dilaporkan terjadi pada pukul 04.00 pagi waktu setempat, di mana mayoritas narapidana mansih terlelap.

Kementerian Dalam Negeri Burundi mengatakan di Twitter bahwa kebakaran itu disebabkan oleh arus pendek listrik di penjara yang berusia hampir satu abad. Berdasarkan gambar yang diunggah di sosial media menunjukkan api besar melahap penjara dan mayat yang tergeletak di lantai.

Seorang warga yang tiba di penjara saat api masih berkobar mengatakan bahwa banyak dari mereka yang meninggal adalah tahanan lanjut usia. Sementara 12 tahanan tewas akibat karena sesak napas ketika mereka mencoba melarikan diri dari gedung-gedung tua penjara yang terbakar.

“Kami mulai berteriak bahwa kami akan dibakar hidup-hidup ketika kami melihat api naik sangat tinggi, tetapi polisi menolak untuk membuka pintu kamar kami, mengatakan ‘ini adalah perintah yang kami terima’,” ungkap seorang narapidana ketika dihubungi melalui telepon kepada AFP.

“Saya tidak tahu bagaimana saya melarikan diri, tetapi ada tahanan yang terbakar habis-habisan,” sambungnya, melansir Africa News, Rabu, 8 Desember 2021.

Sebuah sumber polisi mengatakan layanan darurat terlambat ke tempat kejadian, dengan truk pemadam kebakaran pertama tiba dua jam setelah api mulai berkobar.

“Korban dengan luka bakar paling serius dilarikan ke rumah sakit, beberapa dibawa dengan truk pick-up polisi, sementara yang lain dengan kasus ringan dirawat di tempat kejadian,” tutur seorang saksi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Jelang Hari Buruh Sedunia, Polda DIY Serahkan Bantuan Sembako

Mata Indonesia, Yogyakarta – Memperingati Hari Buruh Sedunia, Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan, S.I.K., M.H., menyerahkan bantuan sembako kepada Koperasi Konsumen Persatuan Buruh DIY di Gedung Pertemuan Bumi Putera Yogyakarta, Pakualaman, Kota Yogyakarta, Selasa (30/4/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini