Dikabarkan di Ambang Kebangkrutan, Timor Leste Gengsi Gabung Indonesia

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Belum lama ini isu mengenai Timor Leste ingin kembali bergabung dengan Indonesia ramai jadi perbincangan. Hal ini tentu saja sangat mencengangkan masyarakat Indonesia, mengingat di akhir abad ke-20 lalu negara itu sangat ngotot berpisah dari NKRI.

Isu akan kembalinya Timor Leste ke pangkuan Ibu Pertiwi berawal dari pernyataan Xanana Gusmao pada 2014 yang kembali dimuat sebuah media baru-baru ini.

Melihat isu itu menjadi trending di tengah masyarakat, Kominfo dalam laman resminya kominfo.go.id langsung menegaskan bahwa isu yang bertebaran di tengah masyarakat itu adalah hoaks atau kabar bohong.

Meskipun kabar tersebut hoaks namun tak sedikit masyarakat yang menanggapi isu tersebut. Salah satunya adalah pegiat sosial media, Denny Siregar. Melalui cuitannya di Twitter soal Timur Leste yang menyesal pisah dari Indonesia, Denny menuai banyak respon dari netizen.

“Menjadi salah satu negara termiskin di dunia, Timor Leste nyesal pisah dari Indonesia. Kalian sih percaya gombalan Australi. Makan tuh, mereka habis manis sepah dibuang,” tulis Denny

Geram dengan cuitan Denny Siregar yang seakan-akan merendahkan Timor Leste, Julio Tomas Pinto mantan Menteri Pertahanan Timor Leste membalas cuitan tersebut melalui akun Twitter miliknya. “Minta maaf mas @Dennysiregar7 Timor Leste sudah merdeka berdasarkan kehendak rakyat dengan 78,5 persen melalui referendum. Timor Leste tidak dan tidak akan pernah kembali ke masa lalu. Terimakasih,” ujarnya membalas cuitan Denny Siregar

Sejak resmi memisahkan diri pada 20 Mei 2002 pasca-referendum, Bumi Lorosae yang dikenal memiliki cadangan minyak bumi dan gas itu terus diterpa kemiskinan yang merajalela.

Timor Leste juga disebut sebagai negara yang berada di ambang kebangkrutan, karena sumber penghasilan utamanya hanya mengandalkan tambang minyak bumi yang diperkirakan akan terancam kering pada 2022. Sementara Blok Greater Sunrise masih dalam sengketa dengan Australia.

Isu ekonomi tersebut dibarengi dengan isu yang beredar luas bahwa masyarakat Timor Leste akan meninggalkan negaranya. Melansir Post Kupang, Konsul Republik Demokratik Timor Leste (RDTL) Zito menegaskan negaranya tidak akan bergabung kembali dengan Indonesia. Zito justru mengungkapkan bahwa Timor Leste sedang memiliki proyek baru untuk membangkitkan negaranya.

Bukan hanya pejabat tinggi di Timor Leste saja yang terang-terangan mengaku tidak akan kembali bersatu dengan Indonesia. Masyarakat di sana pun membantah dan mengatakan isu tentang Timor Leste ingin kembali ke pelukan Ibu Pertiwi itu tidak benar.

Akun YouTube milik Imanuel Coffe, salah satu masyarakat asli Timor Leste menceritakan keresahannya terhadap berita hoaks yang ada di Indonesia tentang negaranya.

“Kini timor leste menyesal keluar dari NKRI. Yang ngomong siapa pak? Dengar dari mana? Tau dari siapa? Sudah wawancara orang tersebut apa belum? Kami miskin di mata Anda, kami rendah di mata Anda. Tetapi kami tidak merasa ada kurangnya sama sekali, sumpah,” ungkap Immanuel di kanal YouTube miliknya. (Miskatul Nisa Kamilah)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upayakan Berantas Penumpukan Sampah Liar, Pemkab Bantul Optimalisasi 15 TPS3R

Mata Indonesia, Bantul - Pemkab Bantul terus mencari solusi terhadap sampah yang belum terkondisi di beberapa titik. Tak jarang masyarakat hingga pelaku usaha cukup kesulitan harus membuang kemana sampah mereka.
- Advertisement -

Baca berita yang ini