Damri Lebarkan Sayap, Tambah Rute ke Perbatasan Timor Leste

Baca Juga

MATA INDONESIA, KUPANG – Perum Djawatan Angkoetan Motor Repoeblik Indonesia (DAMRI) bakal membuka rute dari Kupang ke perbatasan Timor Leste. Pihak DAMRI pun telah melakukan survei pengembangan trayek Angkutan Lintas Batas Negara (ALBN) Kupang – Dili, Timor Leste. Survei tersebut dilakukan sebagai tindak lanjut dari hasil diskusi dengan Bupati Kupang Korinus Masneno.

Direktur Komersial dan Pengembangan Usaha DAMRI Sandry Pasambuna mengatakan, uji coba rute ALBN terletak di Kefamenanu, Kabupaten Timur Tengah Utara, NTT. Proses uji cona ini dilakukan bersama dengan Kementerian Perhubungan, Dinas Provinsi Nusa Tenggara Timur, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Direktorat Jenderal Bea Cukai dan Imigrasi.

Tak hanya ALBN, DAMRI juga akan mengembangkan trayek komersil untuk Angkutan Kota Dalam Provinsi (AKDP) di NTT. Rute yang disasar meliputi Kupang (Bandara El-Tari) – Kefamenanu – Motaain dan Kupang – Kefamenanu – Wini Oekusi.

“Adanya trayek tersebut diharapkan dapat meningkatkan perekonomian dan memudahkan masyarakat melakukan mobilitas. Khususnya di jalur Kefamenanu – Wini masih menggunakan trayek penugasan atau perintis. Hal tersebut juga sejalan dengan program pemulihan sektor ekonomi masyarakat dan pariwisata, sebagaimana tertuang dalam Peraturan Pemerintah No.23/2020 tentang Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN),” ujarnya melalui siaran pers, Selasa 15 Juni 2021.

Pengoperasian jalur komersil DAMRI ini akan tetap diikuti dengan protokol pencegahan Covid-19 Hingga saat ini, perusahaan tengah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan Nusa Tenggara Timur mengenai operasional jalur komersil tersebut.

“Dengan bantuan kendaraan yang akan di kirim dari Pulau Jawa, dalam waktu dekat perusahaan akan segera melaunching trayek komersil tersebut,” katanya.

Kehadiran DAMRI diharapkan dapat memperkuat ekosistem transportasi yang terintegrasi dengan moda transportasi massa lainnya. Dinas Perhubungan NTT pun mendukung penuh rencana pengembangan trayek ALBN DAMRI di Kupang dan Kefamenanu. Dukungan tersebut berupa percepatan proses perizinan dan pemanfaatan lahan atau lokasi untuk pengembangan tersebut.

Sandry juga mengapresiasi DAMRI Cabang Kupang dan Kefamenanu serta pihak-pihak lain yang telah bekerja keras memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Semua Pihak Perlu Bersinergi Wujudkan Pilkada Damai

Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) merupakan momen penting dalam kehidupan demokrasi di Indonesia. Pilkada tidak hanya sekadar agenda politik,...
- Advertisement -

Baca berita yang ini