Cegah Kerumunan, Mahasiswa Kerahkan Robot di Acara Wisuda

Baca Juga

MATA INDONESIA, TOKYO – Di tengah wabah Covid19 akibat virus Corona, lulusan Business Breakthrough University di Tokyo mewakilkannya kepada robot yang dikendalikan sendiri para wisudawan dari rumah untuk upacara wisuda agar tidak tercipta kerumunan. Bagian wajah robot diganti dengan tablet yang dihubungkan langsung masing-masing wisudawan melalui skype.

Seperti halnya upacara wisuda, rektor dan para petinggi kampus memanggil satu per satu nama wisudawan. Nah, saat itu yang datang ke depan para profesor itu adalah robot-robot yang dikendalikan dari rumah tadi.

Sesampainya di depan rektor, robot-robot itu diberikan sertifikat kelulusan sesuai nama wisudawan.

Robot yang dijuluki “Newme” dikembangkan oleh ANA Holdings dengan asesoris lengkap seperti halnya wisudawan dimana pun, mengenakan topi kelulusan dan jubah.

Setelah mendapat sertifikat kelulusan, para robot itu berjalan menjauhi para petinggi kampus.

Seperti dilaporkan Reuters, Kazuki Tamura, salah seorang wisudawan sangat menikmati acara itu dengan mengoperasikan avatar komputernya untuk mengendalikan robot tersebut agar bisa menerima sertifikat tersebut.

“Ini benar-benar pengalaman baru untuk menerima sertifikat di area publik, pada saat yang sama saya berada di ruang pribadi,” kata Kazuki Tamura.

Universitas itu berharap cara tersebut dapat diadopsi sekolah lain yang ingin menghindari pertemuan massal.

Namun, mencerminkan dunia manusia, sekolah membatasi upacara hanya untuk empat lulusan sehingga robot dapat mempraktikkan jarak sosial di tengah pandemi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

BEM Nusantara DIY Gelar Aksi Peringatan Hari Buruh Internasional

Mata Indonesia, Yogyakarta - BEM Nusantara DIY melakukan aksi peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day di Titik Nol Yogyakarta pada Rabu, 1 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini