Buruan Daftar, Mudik Gratis Kemenhub Tahap Dua Dibuka Senin Besok

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Senin 18 April 2022 Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membuka pendaftaran mudik gratis Lebaran 2022 tahuan kedua.

“Mudik gratis sekarang sudah pendaftaran tahap kedua, yang tahap kesatu dengan anggaran sekitar Rp10 miliar dengan jumlah bus 530 itu sudah habis. Besok hari Senin (18/4) saya akan buka lagi yang tahap kedua dengan jumlah anggaran yang sama,” kata Dirjen Perhubungan Darat, Budi Setiyadi, Sabtu 16 April 2022.

Saat mudik gratis itu, Budi menuturkan Kemenhub bisa memindahkan masyarakat dari Jabodetabek ke Jawa Tengah termasuk Jawa Timur dan sebagian Jawa Barat sekitar 21.000 penumpang termasuk sepeda motor yang diperkirakan mencapai 1.100 kendaraan.

Menurut Budi, sepeda motor pemudik dari wilayah Jabodetabek tersebut akan diangkut dengan menggunakan truk.

Begitu juga dengan kereta api maupun kapal laut akan digratiskan untuk mengangkut sepeda motor pemudik.

Persiapan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) dalam rangka mudik gratis tersebut sudah mencapai 60 persen karena Dirjen Hubdat telah berkomunikasi dengan semua operator bus antarkota antarprovinsi (AKAP), operator bus pariwisata, dan semua pemangku kepentingan.

Menurut dia, semua pihak yang diajak berkomunikasi sudah siap dengan skema masing-masing untuk menjalankan amanat Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) sekaligus melaksanakan tujuan atau target dari angkutan Lebaran 2022.

Namun, syarat untuk mengikuti program tersebut tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat termasuk vaksin booster.

Apalagi, di beberapa terminal atau simpul transportasi lain nantinya akan disiapkan pelayanan kesehatan, vaksinasi, dan layanan tes antigen.

Sementara target kedua, dia menuturkan, menyangkut masalah keselamatan dari aspek kecelakaan lalu lintas.

Calon peserta dapat mendaftarkan diri daring melalui laman di www.mudikgratisdkijakarta.id atau melalui WhatsApp ke nomor 08-123-188-5758.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upayakan Berantas Penumpukan Sampah Liar, Pemkab Bantul Optimalisasi 15 TPS3R

Mata Indonesia, Bantul - Pemkab Bantul terus mencari solusi terhadap sampah yang belum terkondisi di beberapa titik. Tak jarang masyarakat hingga pelaku usaha cukup kesulitan harus membuang kemana sampah mereka.
- Advertisement -

Baca berita yang ini