Bukti Statistik Ungkap PPKM Efektif Tekan Mobilitas Warga Manca Negara

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) terbukti efektif menekan mobilitas wisatawan mancanegara ke Jakarta sehingga kasus Covid-19 cepat terkendali.

Hal itu dibuktikan dengan penghitungan Badan Pusat Statistik (BPS) DKI Jakarta yang mencatat jumlah kedatangan pada Juli 2021 mencapai 5.471 orang dibandingkan angka Juni 2021 yang 13.483 orang.

“Penerapan PPKM Darurat dari awal hingga akhir Juli 2021 akibat melonjaknya kasus Covid-19 mendorong pemerintah membatasi pergerakan termasuk wisatawan mancanegara,” kata Kepala BPS DKI Jakarta Buyung Airlangga di Jakarta, Rabu 1 September 2021.

Untuk kedatangan internasional, pemerintah mewajibkan syarat ketat di antaranya harus sudah menjalani vaksinasi lengkap dua dosis dan pembatasan akses masuk bagi tenaga kerja asing selama PPKM darurat.

Sementara di Jakarta, sejumlah tempat wisata juga ditutup sementara untuk menekan penyebaran Covid-19.

Sementara itu, berdasarkan negara asal, wisatawan dari Cina mendominasi kunjungan pada Juli 2021 di Jakarta mencapai 1.401 orang atau turun 55,6 persen dibandingkan Juni 2021 mencapai 3.154 orang.

Wisatawan asal Cina memenuhi porsi sebanyak 25,6 persen pada Juli 2021, disusul dari Amerika Serikat sebanyak 599 orang atau 10,9 persen dari total porsi, kemudian Rusia sebanyak 235 orang, Prancis sebanyak 213 orang dan Jerman sebanyak 197 orang.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upayakan Berantas Penumpukan Sampah Liar, Pemkab Bantul Optimalisasi 15 TPS3R

Mata Indonesia, Bantul - Pemkab Bantul terus mencari solusi terhadap sampah yang belum terkondisi di beberapa titik. Tak jarang masyarakat hingga pelaku usaha cukup kesulitan harus membuang kemana sampah mereka.
- Advertisement -

Baca berita yang ini