Berkunjung ke Perbatasan Wini, Mensos Ingin TTU Jadi Tempat Budidaya Bunga Matahari

Baca Juga

MATA INDONESIA, KEFAMENANU – Menteri Sosial Republik Indonesia Tri Rismaharini melakukan kunjungan kerja dalam rangka memantau proses pembangunan rumah bantuan bencana di perbatasan RI – Timor Leste,pada Rabu 2 Maret 2022.

Bantuan 20 unit rumah yang diberikan kepada warga Desa Humusu, Wini, Kecamatan Insana Utara Kabupaten TTU, Provinsi NTT,merupakan perhatian perintah Pusat melalui Kementerian Sosial RI terhadap masyarakat yang terdampak badai Seroja di tahun 2021 lalu. Adapun total anggarannya senilai Rp 2 miliar dan masing-masing unit rumah dianggarkan sebesar Rp 100 juta.

Meskipun demikian, lanjut Risma, pihaknya kemudian menghitung juga beberapa rumah di sekitar rumah korban yang masuk dalam kategori tidak layak huni untuk dibangun.

“Kita bantulah 20 (unit rumah). Tapi tadi masih kurang katanya,” ujarnya.

Dalam perjalanan ke Wini, Mensos takjub dengan kondisi alam TTU. Menurutnya, wilayah ini bisa menjadi tempat budidaya bunga matahari yang nantinya bisa diproses menjadi minyak goreng yang murah dan sehat. Untuk mewujudkan hal ini, Kemensos RI akan bekerjasama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Institut Teknologi Bandung (ITB).

Selain itu, Mensos juga memberi bantuan bagi anak-anak sekolah berupa satu buah bangunan gedung yang akan dilengkapi dengan peralatan WiFi. Kepada anak anak sekolah ibu Menteri berpesan agar para siswa nantinya bisa memanfaatkan sarana tersebut secara baik.

Ia juga memotivasi anak anak di Wini perbatasan RI – Timor Leste,agar tampil percaya diri karena merupakan garda depan NKRI.

Risma juga memberikan satu unit alat berat berupa Eksavator kepada pemkab TTU,yang dapat digunakan untuk menormalisasikan sungai/kali yang sering meluap dan menggenangi rumah rumah warga.

Kontributor TTU : Zenobius Yancen Abi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini