Banyak Kota dan Pesertanya Mundur, Jakarta Malah Nekat Selenggarakan Formula E

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTAIndonesia sudah resmi akan menyelenggarakan balap Formula E tahun depan, padahal sejumlah negara lain justru memilih mundur menjadi tuan rumah.

Kota Montreal di Kanada misalnya mengundurkan diri menjadi tuan rumah Formula E karena saat menyelenggarakannya 2017 harus mengeluarkan biaya Rp 18,7 miliar dolar AS, namun saat lima tahun menjadi tuan rumah kota itu mengalami kerugian karena jumlah penonton yang sangat sedikit.

Kota Miami di Amerika Serikat pun membatalkan penyelenggaraan Formula E karena lintasan balapnya berada di daerah konservasi lahan basah.

Contoh lain lagi Kota Moskow yang membatalkan balapan formula tenaga baterai tersebut karena penutupan jalan di kota tersebut mengganggu.

Dua negara Cina dan Meksiko juga memilih mundur saat harus menggelar balapan di tengah pandemi yang penularannya masih tinggi karena harus memastikan kesehatan dan keselamatan staf perjalanan, peserta dan penonton.

Sementara Direktur Utama Jakpro (perusahaan milik Pemprov DKI Jakarta), Widi Amanasto, mengungkapkan ajang trek balapan dalam kota ini bertujuan untuk menunjukkan Indonesia dan Jakarta pada internasional bahwa Indonesia sudah maju dan membuat masyarakat luar tertarik untuk berkunjung.

Pemprov DKI Jakarta kabarnya harus menyediakan dana hingga Rp 2,4 triliun untuk menyelenggarakan balap mobil listrik tersebut.

Namun, bukan hanya kota penyelenggara pabrikan peserta balapan seperti Audi, BMW dan Mercedes Benz ramai-ramai mundur dari ajang balap tersebut.

Audi memilih fokus di Reli Dakkar 2022 dan Le Mans Daytona Hybrid 2022, sementara BMW tahun depan hanya mengabiskan kontrak dengan Andretti Formula E Team dan pemasok mesin untuk FIA.

Adapun Mercedes Benz mengalihkan biaya ikut Formula E ke pendanaan untuk memproduksi mobil-mobil listrik yang akan dijual umum tahun 2025.

Kondisi itu justru membuat penyelenggaraan Formula E sulit mendapat keuntungan, bahkan mengalami kerugian besar. Mundurnya Mercedes Benz dianggap tidak lagi memberi keuntungan dari segi transfer teknologi dan pemasaran.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Bupati Sleman Apresiasi Sebagai Sarana Menyatukan Warga

Mata Indonesia, Sleman - Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo menghadiri Kirab Budaya dalam rangka Merti Desa ‘Mbah Bregas’ Kalurahan Margoagung, Seyegan yang digelar di Balai Ringin Ngino, Sabtu, (4/5). Pada kesempatan tersebut, Kustini juga turut melakukan prosesi penuangan 7 kendi air suci di Ringin Ngino Mbah Bregas.
- Advertisement -

Baca berita yang ini