Bangsa Ukraina Kagumi Perjuangan Jenderal Sudirman

Baca Juga

MATA INDONESIA, DENPASAR – Bangsa besar menghargai pahlawannya. Namun kebesaran Pahlawan Jenderal Sudirman bukan hanya dihargai di dalam negeri tetapi juga oleh bangsa Ukraina.

Menurut Dubes Ukraina untuk Indonesia, Vasyl Hamianin, jiwa kepahlawanan Jenderal Sudirman mirip dengan semangat salah satu pahlawan Ukraina.

“Sama-sama memiliki pesan bagi warga bangsa. Meskipun dihadapkan pada tantangan besar dan musuh yang kuat, haruslah tetap semangat untuk mengangkat bendera kebangsaan kita,” kata Vasyl yang dikutip Minggu 30 Januari 2022.

Berkat kekaguman tersebut, Pemerintah Ukraina menerbitkan prangko bergambar Jenderal Sudirman.

Vasyl memang tidak menyebutkan nama pahlawan Ukraina tersebut. Namun, wikipedia mencatat nama Stepan Andriyovych Bandera yang lahir 1 Januari 1909 dan wafat dalam usia 50 tahun karena dibunuh KGB, agen rahasia Uni Soviet, sekarang Rusia.

Stepan adalah seorang aktivis politik dan pemimpin nasionalis Ukraina serta pemimpin gerakan kemerdekaan dari Ukraina.

Di awal Perang Dunia II dia memang bekerja sama dengan Nazi Jerman, tetapi ketika ia menyatakan ukraina negara merdeka, dia ditangkap 15 September 1941.

Stepan kemudian dipenjarakan di kamp konsentrasi Sachsenhausen. Pada 1944, Jerman yang kehilangan supremasinya dalam perang itu, membebaskan Bandera.

Tujuannya untuk mencegah pasukan Uni Soviet. Pada 1959, dia dibunuh di Munich Jerman.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Semua Pihak Perlu Bersinergi Wujudkan Pilkada Damai

Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) merupakan momen penting dalam kehidupan demokrasi di Indonesia. Pilkada tidak hanya sekadar agenda politik,...
- Advertisement -

Baca berita yang ini