Bahas Tentang Otsus Jilid II, Tokoh Masyarakat Youmeni Bongkar Borok Pemerintah Daerah Papua

Baca Juga

MATA INDONESIA, DEIYAI – Tokoh Masyarakat Youmeni Permenas Pakage mengungkapkan bahwa masih ada masyarakat Papua, terutama tokoh masyarakat di Deiyai yang belum paham terkait Otsus Papua.

“Sebenarnya Otsus ini, para Tokoh masyarakat dan tokoh adat Kabupaten Deiyai tidak tahu-menahu tentang pelaksanaannya karena memang Pemerintah Daerah tidak pernah melibatkan maupun berdiskusi dengan para tokoh dalam penyalurannya, serta tidak pernah memberitahukan bahwa program pembangunan maupun pemberdayaan masyarakat mana yang didukung dengan menggunakan dana Otsus,” ujarnya, Kamis 2 September 2021.

Ia juga menyayangkan perlakuan pemerintah daerah Papua yang terkesan memanfaatkan tokoh adat dan tokoh masyarakat hanya untuk urusan genting.

“Yang sering terjadi bahwa para tokoh masyarakat dan tokoh adat cuma dilibatkan ketika terjadi permasalahan di masyarakat. Namun setelah permasalahan diredam dan diselesaikan, para tokoh masyarakat dan tokoh adat diabaikan lagi,” katanya.

Meski demikian, Permenas menyatakan selalu mendukung upaya pemerintah pusat untuk memajukan Papua, terutama lewat Otsus Papua jilid II.

“Diharapkan dengan disahkannya UU Otsus yang baru pemerintah daerah bisa merangkul dan bersama-sama seluruh komponen masyarakat Papua untuk dapat mengawal UU Otsus tersebut agar bisa terlihat hasilnya yaitu kesejahteraan masyarakat Papua yang selama ini diidam-idamkan,” ujarnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini