Aturan Selesai Isolasi Karena Covid-19 Dipermudah, Prokes Harus Diketatkan

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Kementerian Kesehatan mengubah aturan untuk menentukan seseorang boleh selesai isolasi karena Covid-19.

Semula mensyaratkan hasil negatif dari dua kali tes PCR sekarang hanya cukup satu kali saja.

Dengan peraturan tersebut, edukator Covid-19, dr. RA Adaninggar mengharapkan masyarakat tidak mengabaikan protokol kesehatan (prokes) di tempat umum.

“Perkuat prokes (protokol kesehatan) di manapun karena belum tentu orang di sekitar Anda benar-benar sehat,” ujar perempuan dengan panggilan Dokter Ning melalui pesan yang dilihat Rabu 23 Februari 2022.

Menurut, Staf Ahli Menteri Kesehatan Bidang Teknologi Kesehatan, Setiaji dengan dua kali melakukan tes PCR pada hari ke-5 dan ke-6 setelah isolasi karena banyak keluhan status PeduliLindungi yang bersangkutan.

Sebab, banyak yang mengalami status PeduliLindungi mereka tidak langsung hijau meski kedua tes menunjukkan hasil negatif.

Itu sebabnya, sekarang penentuan seorang lepas isolasi cukup satu kali di hari ke-5 dengan hasil harus negatif.

Namun, Dokter Ning menilai kondisi tersebut tidak menjamin benar-benar negatif karena risiko false negative pada tes PCR ternyata cukup besar.

Sementara teori infeksi Covid-19 yang bergejala masih menulari orang lain paling tidak sampai 10 hari setelah dinyatakan positif.

Itu sebabnya, Dokter Ning mengingatkan prokes harus semakin diperkuat saat masuk tempat umum maupun perjalanan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

BEM Nusantara DIY Gelar Aksi Peringatan Hari Buruh Internasional

Mata Indonesia, Yogyakarta - BEM Nusantara DIY melakukan aksi peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day di Titik Nol Yogyakarta pada Rabu, 1 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini