Asyik! KAI Kasih Diskon Tiket Kereta bagi Wartawan hingga Veteran, Begini Cara Daftarnya

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Berita gembira bagi Anda yang berprofesi sebagai wartawan, anggota TNI/Polri, lanjut usia (lansia), dan veteran. PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI akan memberikan potongan harga (tarif reduksi) sebesar 20 hingga 50 persen.

Caranya, sebelum penumpang yang berprofesi wartawan, anggota TNI dan Polri, lansia, dan veteran membeli tiket perjalanan kereta api dengan tarif reduksi, harus terlebih dahulu melakukan registrasi.

Senior Manager Humas Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa mengatakan bahwa proses registrasinya cukup mudah. Cukup sebutkan nama, nomor handphone, nomor identitas serta tunjukkan identitas asli.

“Bahkan registrasi juga dapat diwakilkan dengan syarat tambahan, membawa pas foto terbaru penumpang yang didaftarkan,” ujarnya, baru-baru ini.

Eva juga menambahkan bahwa registrasi cukup sekali saja dan setelah itu para penumpang bisa nikmati potongan harga Kereta Api (KA) setiap hari. Proses registrasi ulang hanya dilakukan jika masa reduksi kamu sudah habis dan ingin memperpanjang hak reduksi.

“Kami dari PT KAI Daop 1 Jakarta berharap dapat memudahkan masyarakat yang berhak mendapat tarif reduksi dalam penggunaan moda transportasi kereta api,” kata dia.

Pemberlakuan potongan harga akan mulai pada tanggal 1 September 2019, tapi registrasi sudah dimulai dari tanggal 1 Agustus 2019 lalu. Untuk perjalanan jarak jauh, registrasi untuk mendapat potongan harga KA dapat dilakukan di Customer Service stasiun atau loket stasiun yang melayani perjalanan KA jarak jauh.

Untuk Daop (Daerah Operasi) 1 Jakarta, terdapat customer service yang berada di Stasiun Gambir, Stasiun Pasar Senen, Stasiun Jakarta Kota dan Stasiun Bekasi. Jadi kamu gak perlu khawatir jika tidak ada layanan customer service di stasiun kamu.

Tidak usah tergesa-gesa untuk dapat registrasi potongan harga KA. Kini layanan customer service memiliki waktu operasional yang lebih panjang, yaitu mulai dari pukul 05.00 WIB hingga 22.00 WIB.

Berikut daftar potongan harga yang bakal berlaku awal bulan depan yaitu sebagai berikut :

1. Wartawan

Untuk Wartawan, pertama-tama perlu registrasi ke Costumer Service. Lalu saat melakukan pembelian tiket di loket, guna tugas peliputan, wartawan wajib melampirkan Surat Tugas Peliputan tersebut yang masih berlaku. Adapun besaran reduksinya, untuk tiket jenis Bisnis dan Ekonomi sebesar 20 persen setiap harinya.

2. Anggota TNI Aktif/Siswa Pendidikan TNI

Bagi anggota TNI aktif atau yang masih menjalani pendidikan, mula-mula harus mendaftar dengan Kartu Anggota TNI atau mendaftarkan Kartu Tanda Siswa/Surat Keterangan Siswa Pendidikan TNI. Adapun, besaran reduksi setiap harinya, untuk Eksekutif sebesar 25 persen, sementara Bisnis dan Ekonomi sebesar 50 persen.

3. Anggota Polri Aktif/Siswa Pendidikan Polri

Buat anggota Polri Aktif awalnya harus mendaftarkan Kartu Anggota Polri. Sedangkan yang masih menjalankan pendidikan perlu mendaftarkan Kartu Tanda Siswa/ Surat Keterangan Siswa Pendidikan Polri. Adapun besaran Reduksi (Setiap Hari) untuk kelas eksekutif mencapai 25 persen. Sedangkan yang Bisnis dan Ekonomi mencapai 50 persen.

4. Penumpang Lansia

Untuk para Lansia, pertama-tama harus mendaftarkan Kartu Identitas. Dan jangan lupa syarat untuk dapat potongannya yaitu minimal 60 Tahun saat tanggal keberangkatan. Besaran Reduksi sebesar 20 persen untuk semua kelas setiap hari

5. Anggota Legiun Veteran Republik Indonesia

Bagi para pensiunan ABRI atau Polri, awalnya perlu mendaftarkan Kartu Angota LVRI. Adapun besaran reduksi (semua kelas), dari hari Jumat-Senin sebesar 30 persen. Sementara untuk Selasa-Kamis mencapai 50 persen.

Berita Terbaru

Kementerian ESDM Terima Penghargaan dari Menko Marves

Mata Indonesia, Jakarta - Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM, Dadan Kusdiana, memperoleh penghargaan dari Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi...
- Advertisement -

Baca berita yang ini