Antisipasi Macet Mudik Lebaran, Pembangunan Jalan Tol Japek II Selatan

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Antisipasi kemacetan saat mudik lebaran, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menyiapkan jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan. Ruas tol ini untuk arus mudik dan balik Lebaran. ”Jadi Jakarta-Cikampek Selatan ini akan kita siapkan untuk fungsional apabila terjadi kemacetan parah,” ujarnya Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Rabu 6 April 2022 saat rapat dengar pendapat dengan Komisi V DPR.

Saat ini ruas jalan tol tersebut sedang dilakukan pembangunan antara Sadang KM 62 dan Kutanegara KM 53 sepanjang 8,6 kilometer.

Kemudian, pemudik yang menggunakan jalan tol ini akan disambungkan ke Jalan Industri sepanjang 15 kilometer dan masuk kembali jalan tol Jakarta-Cikampek melalui Gate Karawang Timur KM 54.

Selain itu, Kementerian PUPR juga melakukan pelebaran jalan di Tol Jakarta-Cikampek di jalur B KM 67-50 yang ditargetkan fungsional H-10 Lebaran.

”Jadi dari arah Cikampek ke Jakarta sebagai antisipasi untuk ruas fungsional terbatas untuk arus balik khususnya kendaraan kecil,” katanya.

Kementerian PUPR juga menyiapkan Jembatan Ciujung di KM 57 Jalan Tol Tangerang-Merak. Ini juga untuk memperlancar arus balik mudik Lebaran.

“Progress (pembangunan Jembatan Ciujung) 63 persen. Dan siap untuk beroperasi pada 8 April 2022,” kata dia.

Pengoperasian Tol Japek Selatan pada masa mudik Lebaran tidak berlaku untuk semua ruas sepanjang trase. Sesuai peta Tol Jakarta-Cikampek II Selatan ini.

Hal tersebut mengingat kondisi Tol Japek Selatan terkini yang masih dalam proses pembangunan. Dan sebagian juga masih dalam tahap pembebasan lahan.

Dari semua trase yang ada pada peta Tol Jakarta-Cikampek II Selatan, rencananya yang berfungsi adalah ruas Tol Jakarta Cikampek-Selatan. Dari simpang susun (SS) Sadang hingga SS Kutanegara.

Sebagian ruas Jalan Tol Jalan Tol Jakarta–Cikampek II Selatan atau Tol Japek Selatan beroperasi secara fungsional pada masa mudik Lebaran 2022.

Dengan berfungsinya sebagian jalur Tol Japek II Selatan ini, maka para pemudik yang menggunakan mobil pribadi bisa bebas masuk pintu Tol Japek Selatan. Alias gratis.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini