Antisipasi Bencana Hidrologi, Kementerian PUPR Dukung Pembangunan Infrastruktur Bidang SDA

Baca Juga

Mata Indonesia, Jakarta – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pompengan Jenebereng, Sulawesi Selatan, memastikan dukungan pembangunan infrastruktur bidang Sumber Daya Air (SDA) terhadap mitigasi bencana hidrologi demi kelancaran dan keamanan pelaksanaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

“Infrastruktur yang dibangun oleh Kementerian PUPR tidak hanya mendukung pertumbuhan ekonomi, akan tetapi juga bermanfaat untuk mitigasi bencana,” ujar Direktur Sungai dan Pantai Ditjen Sumber Daya Air, Haeruddin C. Maddi, saat mendampingi Kunjungan Kerja (Kunker) Komisi V DPR RI, di Kota Makassar Provinsi Sulsel, Rabu (6/12).

Haeruddin mengungkapkan, pihaknya telah siap untuk menghadapi libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 sekaligus mengantisipasi bencana hidrologi. Hal tersebut dilaksanakan oleh BBWS Pompengan Jenebereng dengan menerapkan berbagai strategi, antara lain mengoptimalkan tampungan waduk, kolam retensi, Bendungan dan Bendung. 

Selanjutnya, strategi kedua adalah pengoperasian posko siaga bencana untuk melaporkan 1×24 jam jika adanya elevasi permukaan air pada setiap waduk, kolam retensi, Bendungan dan Bendung. Ketiga, melakukan inventarisasi alat berat dan bahan banjiran. Terakhir, melakukan koordinasi dan komunikasi ke Pemerintah Daerah dan stakeholder terkait. 

Inventarisasi bahan banjiran berupa pengecekan terhadap truk trailer sebanyak 4 unit, speed boat 5 unit, karung geobag 4.350 lembar, amphibious exavator 3 unit, mobil pump, pomp alkon, bahan banjiran, dan excavator. 

Sebagai informasi, pada tanggal 1 Desember 2023 BBWS Pompengan Jeneberang di Sulawesi Selatan melakukan apel kesiapsiagaan bencana banjir di Lapangan Kalaena Baddoka, Kota Makassar. 

“Apel kesiapsiagaan bencana banjir dilakukan dalam rangka koordinasi dengan pemerintah daerah dan stakeholder sebagai wujud kesiapsiagaan bencana banjir sejak dini,” imbuh Haeruddin.

(Kementerian PUPR)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini